Pengertian dan Makna 6 Rukun Iman

Tags

Rukun Iman adalah pilar pilar keimanan dalam agama Islam yang harus diimani dan dipercayai oleh tiap tiap umat Islam. Iman artinya adalah keyakinan dalam hati untuk mempercayai. Unsur keimanan bisa berupa pemikiran dalam hati, perkataan secara lisan atau pengamalan dalam tindakan dan perbuatan. Sangat penting bagi seorang muslim untuk memiliki iman yang kuat agar tidak terjerumus dalam perbuatan maksiat. Rukun Iman jumlahnya ada enam dan dasarnya dapat ditemukan di firman Allah SWT di Al-Qur'an. Berikut akan kami sajikan pengertian dan penjelasan serta makna dan urutan dari enam rukun Iman selengkapnya.

Rukun Iman ada 6

1. Iman kepada Allah SWT
2. Iman kepada Malaikat Allah
3. Iman kepada Kitab Allah
4. Iman kepada Nabi dan Rasul
5. Iman kepada Hari Akhir
6. Iman kepada Qada dan Qadar

Pengertian dan Makna 6 Rukun Iman


1. Iman kepada Allah

Iman kepada Allah SWT adalah rukun iman pertama. Seorang muslim harus beriman dan percaya akan adanya Allah SWT sebagai Tuhan kita yang menciptakan dan mengatus alam semesta dan tidak ada yang berhak disembah selain Allah SWT. Muslim juga harus mengimani nama nama dan sifat Allah berupa al-Asma'ul Husna.

2. Iman kepada Malaikat Allah

Iman kepada malaikat-malaikat Allah adalah rukun iman yang kedua. Seorang muslim harus mengimani adanya wujud malaikat-malaikat Allah yang memiliki sifat-sifat dan tiap-tiap amalan dan tugas-tugas yang diberikan Allah kepada mereka.

3. Iman kepada Kitab Allah

Iman kepada kitab Allah adalah rukun iman ketiga. Seorang muslim harus mengimani bahwa kitab Allah adalah ucapan-Nya dan mengimani bahwa Al-Qur`an merupakan penghapus hukum dari semua kitab suci yang turun sebelumnya.

4. Iman kepada Nabi dan Rasul

Iman kepada rasul-rasul Allah adalah rukun iman keempat. Seorang muslim harus mengimani bahwa ada di antara laki-laki dari kalangan manusia yang Allah SWT pilih sebagai perantara antara diri-Nya dengan para makhluk. 

5. Iman kepada Hari Akhir

Iman kepada hari akhir adalah rukun iman kelima. Seorang muslim harus mengimani adanya hari kiamat serta tanda-tandanya. Umat Islam juga harus mengimani semua yang terjadi di alam barzakh antara dunia dan akhirat dan hari kebangikat di padang mahsyar hingga berakhir di Surga atau Neraka.

6. Iman kepada Qada dan Qadar

Iman kepada Qada dan Qadar adalah rukun iman keenam dan yang terakhir. Seorang muslim harus mengimani jika tiap kejadian yang baik atau yang buruk, semuanya berasal dari Allah SWT dan sudah ditakdirkan oleh Allah.


Itulah informasi mengenai pengertian 6 rukun iman beserta penjelasan dan makna singkat enam rukun iman. Informasi tersebut kami kutip dari berbagai sumber dan referensi. Selain menjalankan rukun iman, umat Islam juga wajib menjalankan lima rukun Islam. Semoga info tersebut bisa bermanfaat.

mokhammad zakky


EmoticonEmoticon