Hal-Hal yang Membatalkan Shalat dan Penjelasannya

Tags

Shalat merupakan amalan ibadah yang penting dalam ajaran agama Islam. Saking pentingnya, mendirikan shalat bagi seorang muslim sama dengan menegakkan tiang agama. Shalat dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar. Ibadah shalat juga termasuk dalam lima perkara rukun Islam nomor dua, setelah membaca dua kalimat syahadat. Umat Islam wajib menjalankan shalat fardhu yang dikerjakan lima waktu dalam sehari, yaitu Subuh, Dhuhur, Asar, Maghrib dan Isya. Hukum menjalankan shalat fardhu tersebut adalah wajib, artinya bila tidak dikerjakan maka kita akan mendapat dosa.

Untuk itu sebagai muslim, kita harus mempelajari mengenai tata cara shalat yang benar serta ilmu fiqih yang berkaitan dengan sholat, mulai dari syarat sah shalat, syarat wajib shalat dan rukun rukun shalat. Hal ini agar ibadah shalat yang kita kerjakan bisa diterima oleh Allah SWT. Terdapat pula beberapa hal yang dapat membatalkan shalat, sesuai dengan yang diajarkan syari'at Islam. Di antara perkara dan tindakan yang bisa membuat shalat kita batal antara lain adalah sebagai berikut.


Hal-Hal yang Membatalkan Shalat dan Penjelasannya


Hal-Hal yang Membatalkan Shalat



Berhadats kecil atau besar

Bersih dari hadas kecil dan besar merupakan salah satu syarat sah shalat, sehingga jika tidak terpenuhi maka tidak sah shalat kita. Oleh karena itu jika di tengah-tengah shalat kita tidak bisa menahan buang air kecil atau buang air besar, maka shalat kita batal.

Terkena najis

Menjaga agar tubuh, pakaian dan tempat shalat dari najis termasuk dalam syarat sah shalat. Jika saat sedang menjalankan shalat tiba-tiba kita terkena najis, entah itu berupa kotoran hewan atau yang lainnya, maka shalat kita menjadi batal.

Berbicara dengan sengaja

Saat sedang shalat, kita dilarang berkata-kata selain yang sudah disebutkan dalam rukun rukun sholat. Jika kita berbicara dengan mengucapkan kata-kata secara sengaja, maka batal lah shalat kita.

Makan dan minum

Makan atau minum termasuk dalam perkara yang membuat shalat menjadi batal. Oleh karena itu, jika saat sedang shalat kemudian kita makan atau pun minum, maka shalat kita batal, walaupun hanya sedikit dan sebentar.

Aurat terbuka secara sengaja

Shalat harus dilakukan dengan menutup aurat seperti yang dijelaskan oleh syariat, baik itu bagi laki-laki ataupun perempuan. Jika di tengah-tengah shalat aurat kita terbuka, walaupun hanya sedikit, maka dapat membatalkan shalat.

Mengubah niat

Niat merupakan hal yang pertama dilakukan dalam shalat. Muslim diwajibkan niat sebelum shalat. Shalat kita bisa menjadi batal jika saat sedang shalat, kita mengubah niat kita atau berniat untuk memutuskan ibadah shalat.

Tidak menghadap kiblat

Ibadah shalat tentu harus dilakukan dengan menghadap kiblat. Jika shalat kita tidak menghadap kiblat, maka tidak sah shalat kita alias batal.

Membuat banyak gerakan secara berurutan

Gerakan gerakan dalam shalat sudah diatur dalam rukun shalat. Bila saat sedang shalat kita membuat gerakan lain tiga kali berturut-turut, seperti berjalan atau melangkah, meskipun itu tidak disengaja, maka ibadah sholat kita menjadi batal.

Tertawa

Shalat harus dilakukan dengan khusyu untuk menambah faedah dari shalat. Apabila di tengah-tengah sholat kita tertawa terbahak-bahak, maka sholat kita langsung batal.

Meninggalkan atau menambah rukun shalat

Tata cara shalat sudah diatur dalam rukun shalat. Oleh karena itu, apabila kita meninggalkan salah satu rukun shalat yang seharusnya dilakukan, maka tidak sah shalat kita. Hal tersebut juga berlaku jika menambah rukun shalat.

Mendahului imam (jika shalat berjamaah)

Dalam shalat jamaah, makmum harus mengikuti gerakan imam dan tidak boleh mendahuluinya. Jika makmum mendahului imam sebanyak dua rukun atau gerakan, maka shalatnya menjadi batal.

Tidak memenuhi syarat wajib shalat

Syarat wajib shalat antara lain adalah beragama Islam dan berakal sehat. Jika di tengah-tengah shalat kita murtad atau keluar dari Islam, maka shalat kita langsung batal. Hal tersebut berlaku jika saat sedang shalat kita menjadi gila, maka shalat menjadi batal.


Itulah hal hal yang membatalkan shalat. Apabila kita melakukan salah satu dari hal hal tersebut saat sedang menjalankan ibadah shalat, maka shalat kita menjadi batal dan harus mengulanginya lagi. Semoga ibadah shalat kita diterima oleh Allah SWT dan kita senantiasa dalam lindungan-Nya.

mokhammad zakky


EmoticonEmoticon