4 Sifat Nabi Muhammad SAW yang Patut Diteladani

Tags

Sebagai seorang muslim, kita harus beriman pada nabi dan rasul Allah SWT, sebagaimana yang tertera dalam rukun iman keempat. Meski jumlah nabi yang ada sangat banyak, namun nama nama nabi dan rasul yang wajib kita imani hanya ada sebanyak 25. Nabi Muhammad SAW adalah nabi terakhir dalam Islam yang menjadi teladan bagi seluruh manusia. Beliau merupakan nabi ke-25 dan menjadi nabi penutup yang wajib diimani oleh muslim. Rasulullah SAW menjadi manusia yang paling sempurna karena akhlak dan perbuatan mulia yang beliau miliki. 

Nabi Muhammad juga menjadi suri tauladan bagi umat Islam pada khususnya dan semua manusia pada umumnya. Sebagai seorang nabi, Muhammad SAW juga memiliki sifat dan ciri kenabian. Secara khusus, Nabi Muhammad memiliki empat sifat wajib khusus yang menjadikannya manusia paling mulia di muka bumi ini. Sifat sifat tersebut yang patut untuk diteladani oleh kita semua.

4 Sifat Nabi Muhammad SAW yang Patut Diteladani

Sifat Sifat Nabi Muhammad SAW


Shiddiq

Secara bahasa, shiddiq berarti benar. Nabi Muhammad memang memiliki sifat shiddiq ini. Hal ini tersirat dari kehidupan sehari-hari Rasulullah, dimana segala perkataannya selalu jujur dan perbuatannya selalu benar. Sifat shiddiq ini dilakukan bukan hanya setelah beliau diangkat menjadi rasul, namun jauh sebelumnya beliau sudah menjalankan sifat shiddiq. Mustahil nabi Muhammad bersifat pembohong atau pendusta. Tentu kita harus meneladani sifat jujur nabi ini, dimana di zaman sekarang banyak orang berbohong untuk mendapatkan keuntungan pribadi semata.

Amanah

Amanah berarti dapat dipercaya. Rasulullah memiliki sifat amanah yang berarti beliau merupakan orang yang bisa dipercaya dengan menjalankan amanah dan tidak akan mengingkarinya. Tak heran jika penduduk Mekkah selalu mempercayai nabi karena beliau merupakan orang yang terpercaya. Bahkan sebelum diangkat sebagai nabi, beliau telah dijuluki Al-Amin yang artinya dapat dipercaya. Mustahil nabi bersifat khianat yang mengingkari amanah yang diembannya. Tiap orang dianjurkan untuk meniru sifat nabi ini, terutama bagi para pemimpin agar bisa mengemban amanah terhadap jabatan dan kedudukannya.

Tabligh

Tabligh berarti menyampaikan. Dalam pengertian sifat wajib nabi ini, Rasulullah memiliki sifat tabligh yang berarti nabi selalu menyampaikan wahyu dari Allah. Nabi menerima wahyu dari Allah yang kemudian ia sampaikan pada umatnya. Sebagai seorang nabi yang menerima wahyu dari Allah SWT, tidak ada petunjuk dari Allah yang beliau sembunyikan untuk diri sendiri.

Fathonah

Fathonah berarti cerdas. Nabi Muhammad memiliki sifat fathanah. Hal ini berarti beliau merupakan seorang yang pintar, cerdas dan intelektual. Mustahil nabi bersifat bodoh. Kecerdasan Nabi dapat dilihat dimana beliau mampu menyampaikan dan menjelaskan ribuat ayat Al-Quran yang berasal dari firman Allah tanpa ada yang salah dan keliru. Sifat ini harusnya kita teladani dengan mencari ilmu sebanyak-banyaknya, baik ilmu agama maupun ilmu dunia.


Itulah empat sifat Nabi Muhammad SAW yang patut diteladani. Sifat sifat nabi dan rasul tersebut sudah seharusnya untuk menjadi suri tauladan bagi muslim di seluruh dunia, karena Nabi Muhamamd SAW merupakan sebaik-baiknya suri tauladan yang pernah ada. Sekian info berita Islam kali ini.

mokhammad zakky


EmoticonEmoticon