Macam Macam Najis dan Cara Menghilangkannya

Tags

Najis merupakan salah satu hal yang diperhatikan dalam Islam. Definisi najis menurut bahasa adalah kotor. Sedangkan menurut istilah, najis berarti kotoran yang harus dan wajib dihindari atau dibersihkan oleh tiap umat Islam jika terkena najis. Najis merupakan keadaan kotor yang menjadi sebab terhalangnya seseorang untuk beribadah pada Allah. Untuk itu, muslim harus dalam keadaan suci dan bersih dari najis jika akan beribadah, seperti shalat atau membaca Al-Qur'an. Hal ini penting untuk menjaga kebersihan tubuh dan pakaian kita dari segala macam najis yang membuat ibadah kita terhalang.

Dalam Islam, ada beberapa penggolongan jenis dan macam macam najis. Pembagian najis ini penting untuk dipelajari karena memiliki definisi dan karakteristik yang berbeda satu dan lain jenis. Selain itu juga terdapat cara untuk menghilangkan najis yang ada yang berbeda-beda caranya, tergantung pada jenis najis tersebut. Sebelum mendirikan ibadah shalat, hendaknya kita memastikan diri kita sudah suci dari najis. Jika terkena najis, hendaknya segera menghilangkan najis tersebut dengan cara-cara yang ditetapkan oleh syari'at. Berikut penjelasan tentang macam macam najis dan cara untuk menghilangkan najis tersebut dalam ajaran agama Islam.

Macam Macam Najis dan Cara Menghilangkannya

Macam macam najis dan cara membersihkannya


1. Najis mukhaffafah

Merupakan najis yang tergolong ringan. 
Contoh najis mukhaffafah : antara lain yaitu air kencing dari bayi laki-laki yang belum berumur 2 tahun dan belum pernah makan selain ASI ibunya sendiri. 
Cara membersihkan najis mukhaffafah : Cukup dipercikkan air pada bagian yang terkena najis tersebut.

2. Najis mutawassithah

Merupakan najis yang tergolong sedang.
Contoh najis mutawassithah : kotoran manusia dan binatang, bangkai binatang (kecuali bangkai ikan dan belalalng), air mani
Cara membersihkan najis mutawassithah : Dicuci dengan disiram dengan air dan digosok sampai bersih.

3. Najis mughallazhah

Merupakan nanis yang tergolong berat
Contoh najis mughallazhah : najis anjing dan babi
Cara membersihkan nanis mughallazhah : Dengan dibasuh sebanyak 7 kali dan salah satu diantaranya dengan air yang dicampur dengan tanah.


Itulah artikel informasi lengkap mengenai pengertian, macam macam, contoh serta cara untuk menghilangkan segala jenis najis menurut ajaran Islam. Sebagai muslim, kita tentu diharuskan untuk mengetahui macam macam najis dan jika terkena najis, kita harus segera membersihkannya karena termasuk salah satu syarat sah shalat agar shalat dan ibadah kita yang lainnya bisa diterima oleh Allah SWT. Semoga informasi Islami tersebut bisa bermanfaat.

mokhammad zakky


EmoticonEmoticon