Doa Masuk Masjid dan Doa Keluar Masjid

Tags

Sebagai seorang muslim, kita dianjurkan untuk berdoa dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Doa doa yang kita panjatkan dilakukan untuk meminta kelancaran dan meminta perlindungan Allah dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Doa doa kita ucapkan, baik di awal sebelum menjalankan aktivitas maupun di akhir ketika selesai melakukan aktivitas tersebut. Hampir di tiap kegiatan kita dianjurkan untuk berdoa, termasuk saat kita akan keluar masuk masjid.

Masjid merupakan tempat ibadah bagi umat Islam. Masjid juga disebut sebagai rumah Allah. Muslim melakukan ibadah shalat lima waktu di masjid. Hal ini membuat masjid menjadi tempat yang suci dan mulia. Sebelum masuk masjid, kita dianjurkan untuk membaca doa masuk masjid. Hal ini juga berlaku saat kita akan keluar dari masjid, maka kita juga dianjurkan untuk membaca doa keluar masjid. Berikut kami akan tampilkan bacaan doa dan lafadz doa masuk dan keluar masjid, baik tulisan Arab, tulisan latin dan arti terjemahan bahasa Indonesia.

Doa Masuk Masjid dan Doa Keluar Masjid

Doa Masuk Masjid

Doa masuk masjid dilafadzkan saat kita akan memasuki sebuah masjid. Selain masjid, kita juga dianjurkan membaca doa ini saat akan memasuki musholla atau tempat ibadah Islam lain. Kita juga disunnahkan untuk masuk dengan kaki kanan terlebih dahulu. Adapun lafadz bacaan doa masuk masjid tulisan Arab, teks latin dan arti terjemahan bahasa Indonesia adalah sebagai berikut.

اَللهُمَّ افْتَحْ لِىْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ 

"Allahummaf tahlii abwaaba rohmatika."

Artinya :
"Ya Allah, bukakanlah bagiku pintu-pintu rahmat-Mu"

Doa Keluar Masjid

Selain saat masuk, kita juga dianjurkan membaca doa saat akan keluar dari masjid. Doa keluar masjid kita lafadzkan saat akan keluar masjid setelah selesai melaksanakan sholat atau ibadah lainnya di dalam masjid atau musholla. Adapun lafadz bacaan doa keluar masjid tulisan Arab, teks latin dan arti terjemahan bahasa Indonesia adalah sebagai berikut.

اَللهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ 

"Allahumma innii as-aluka min fadlika."

Artinya :
" Ya Allah, sesungguhnya aku memohon keutamaan dari-Mu"


Itulah informasi lengkap mengenai bacaan doa masuk masjid dan doa keluar masjid lengkap beserta arti dan makna terjemahannya. Tentunya sebagai muslim kita dianjurkan untuk berdoa saat akan menjalankan kegiatan tertentu, termasuk saat masuk masjid atau pun keluar masjid. Doa di atas tidak terlalu panjang sehingga cukup mudah untuk dihafal. Sekian info bacaan doa Islam kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan dapat mengamalkan doa doa tersebut.

mokhammad zakky


EmoticonEmoticon