Jadwal Libur Hari Besar Islam Indonesia 2017

Tags

Indonesia merupakan negara dengan mayoritas umat Islam. Lebih dari 95% penduduk Indonesia beragama Islam. Bahkan negara Indonesia merupakan negara dengan jumlah muslim terbanyak di seluruh dunia, mengungguli negara negara di Timur Tengah. Hal ini yang kemudian membuat Indonesia dipandang sebagai salah satu negara Islam, meski pun sebenarnya Indonesia termasuk negara yang beragam dengan enam agama yang diakui oleh pemerintah. Namun fakta bahwa Indonesia memiliki jumlah muslim terbesar tidak bisa diabaikan begitu saja.

Di Indonesia, umat Islam tentu mendapat porsi lumayan besar dalam menentukan hari libur. Saat hari raya idul fitri misalnya, selain menentukan tanggal merah biasanya juga diikuti dengan cuti bersama dalam beberapa hari. Hal ini tak lepas dari budaya warga lokal yang melakukan mudik atau pulang kembali ke kampung halaman menjelang, saat atau sesudah perayaan hari raya idul fitri atau biasa disebut dengan hari lebaran. Di hari itu, umat Islam akan saling meminta maaf pada orang tua, kerabat keluarga dan teman-teman lainnya.

Jadwal Libur Hari Besar Islam Indonesia 2017

Selain Idul Fitri, ada empat hari besar Islam lain yang diperingati di Indonesia dengan parameternya yaitu menjadikan hari tersebut sebagai tanggal merah, yang berarti segala aktivitas kerja atau sekolah diliburkan pada hari tersebut. Hari hari besar Islam lain antara lain yaitu hari raya Idul Adha, peringatan Maulid Nabi Muhamamd SAW, peringatan hari Isra' Mi'raj dan tahun baru Hijriyah. 

Peringatan hari besar Islam dilakukan muslim di seluruh dunia dengan mengacu pada sistem penanggalan kalender hijriyah. Hal ini tentu berbeda dengan sistem kalender Masehi yang digunakan di mayoritas negara dunia, termasuk di Indonesia. Dampaknya tiap tahun hari hari besar Islam tersebut tidak jatuh pada tanggal masehi yang sama, alias berubah-ubah tiap tahun.. Secara logika, tiap tahun hari besar Islam selalu maju lebih cepat 11 hari, karena perbedaan jumlah hari pada kalender hijriyah dan kalender masehi. Berikut daftar lengkap jadwal hari besar Islam yang diperingati di Indonesia pada tahun 2017 update terbaru.

Hari Besar Islam 2017 di Indonesia


Senin, 24 April 2017 
Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW 2017 (27 Rajab 1438H)

Minggu-Senin, 25-26 Juni 2017
Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah (1-2 Syawal 1438 H)

Jumat, 1 September 2017 
Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriyah (10 Dzulhijah 1438 H)

Kamis, 21 September 2017 
Tahun Baru Islam (1439 Hijriyah) 

Jumat, 1 Desember 2017
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW (12 Rabiul Awal 1439 H)


Itulah info update mengenai jadwal libur hari besar Islam 2017 di Indonesia. Penentuan tanggal hari besar muslim tersebut ditentukan jauh jauh hari dengan menggunakan sistem perhitungan khusus. Nantinya pada penentuan hari raya Idul Fitri dan hari raya Idul Adha serta penentuan tanggal 1 Ramadhan sebagai awal ibadah puasa, biasanya pemerintah Kementrian Agama akan melakukan sidang isbat bersama ormas ormas Islam di Indonesia untuk menentukan jatuhnya hari hari besar tersebut. Semoga berita Islam terbaru tersebut bisa menjadi referensi.

mokhammad zakky


EmoticonEmoticon