Iman Kepada Kitab Allah SWT | Pengertian, Manfaat dan Penerapan

Tags

Iman kepada kitab Allah - Kitab Allah adalah kitab yang difirmankan oleh Allah SWT kepada para Nabi dan Rasul utusan-Nya. Sebagai seorang umat Islam, tentu kita wajib untuk meyakini dan juga mengimani kitab-kitab Allah SWT tersebut. Hal ini juga termasuk dalam salah satu rukun iman dalam ajaran Islam.

Seperti yang kita ketahui, bunyi rukun iman yang nomor tiga adalah iman kepada kitab-kitab Allah SWT, sehingga tiap muslim di seluruh dunia harus meyakini keberadaan kitab kitab yang difirmankan oleh Allah SWT tersebut. Total jumlah kitab yang telah diturunkan ada sebanyak 104 kitab suci.

(baca juga surat pendek Al-Quran juz 30)

Iman Kepada Kitab Allah SWT

Iman Kepada Kitab Allah


Sebagai muslim tentu wajib mengimani kitab-kitab Allah karena merupakan firman Allah. Al-Quran merupakan kitab Allah yang menjadi pedoman hidup manusia sepanjang zaman. Terdapat tiga tingkatan dalam mengimani kitab Allah yakni :
  • Qotmil (membaca saja)
  • Tartil (membaca dan memahami)
  • Hafidz (membaca, memahami, mengamalkan dan menghafalkan)

Faktanya banyak yang hanya membaca Al-Quran saja tanpa mengamalkan ajaran dan isinya. Tentu selain membaca, kita juga harus memahami isinya dan mengamalkan ajarannya dalam kehidupan sehari-hari manusia.

Manfaat iman kepada kitab Allah adalah dapat meningkatkan kualitas hidup pribadi, mampu membangun kehidupan bermasyarakat, serta menjalin kerukunan dalam hidup berbangsa dan bernegara. Al-Qur'an memuat pedoman hidup dalam semua aspek, sehingga penting untuk mengimani dan mengamalkan isinya.

Untuk menerapkan iman kepada kitab Allah, kita juga harus meyakini bahwa isi al-Qur’an dijamin kebenarannya, tanpa ada keraguan sedikit pun. Seluruh isi kandungan Al-Quran harus dipahami, dipelajari, dan diamalkan. Akan lebih baik jika kita belajar pada guru ngaji yang paham kandungan Al-Quran agar proses pembelajaran lebih baik.

Nama-Nama Kitab Allah


Ada 4 kita suci yang diturunkan kepara Nabi dan Rasul yang wajib untuk kita imani sebagai seorang muslim. Adapun nama-nama dari keempat kitab kitab suci Allah SWT tersebut antara lain yaitu:

1. Kitab Taurat


Kitab Taurat diturunkan kepada Nabi Musa As. Kita Taurat diturunkan kira-kira pada abad ke 12 sebelum masehi. Kitab Taurat diturunkan untuk umat Nabi Musa yaitu Bani Israil di daerah Israel dan Mesir. Kitab Taurat berisi tentang akidah dan tauhid serta mengandung hukum-hukum syariat.

2. Kitab Zabur


Kitab Zabur diturunkan kepada Nabi Daud As. Kitab Zabur diturunkan kira-kira pada abad ke-10 sebelum masehi. Kitab Zabur diturunkan untuk umat Nabi Daud di daerah Israel. Kitab Zabur berisi tentang akidah dan tauhid serta mengandung hukum-hukum syariat.

3. Kitab Injil


Kitab Injil diturunkan kepada Nabi Isa As. Kitab Injil diturunkan para permulaan abad pertama masehi. Kitab Injil diturunkan untuk kaum Nabi Isa. Kitab Injil berisi tentang akidah dan tauhid serta mengandung hukum-hukum syariat.

4. Kitab Al-Qur'an


Kitab Al-Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Kitab Al-Qur'an diturunkan pada abad ke-6 masehi. Al-Qur'an diturunkan di kota-kota di Arab Saudi yaitu Mekkah dan Madinah. Al-Qur'an berisi tentang aqidah, hukum-hukum syariat dan muamalah. 

Al-Qur'an juga menjadi penyempurna kitab-kitab terdahulu dan melengkapi hal-hal yang ada pada kitab-kitab sebelumnya. Al-Qur'an adalah kitab suci yang paling lengkap yang berisi pokok-pokok keyakinan, aturan dan tata cara peribadatan, tata cara hukum kemasyarakatan dan kisah-kisah pada masa lalu. 

Al-Qur'an berlaku untuk selamanya dan menjadi pedoman hidup umat Islam dan seluruh umat manusia di dunia ini.

(baca juga pengertian Al-Quran)

Suhuf Nabi dan Rasul


Selain empat kitab suci yang telah disebutkan di atas, yaitu kitab Taurat, kitab Zabur, kitab Injil dan Al-Qur'an, Allah SWT juga menurunkan wahyunya berupa suhuf pada para nabi dan rasul terdahulu. Suhuf terdiri dari lembaran-lembaran wahyu Allah yang diturunkan pada para nabi dan rasul.

Dalam sebuah hadits nabi, ada beberapa suhuf yang masing-masing diberikan kepada nabi dan rasul, yaitu :

1. Nabi Adam As, sebanyak 10 suhuf.
2. Nabi Syits As, sebanyak 50 suhuf.
3. Nabi Idris As, sebanyak 30 suhuf.
4. Nabi Ibrahim As, sebanyak 10 suhuf.
5. Nabi Musa As, sebanyak 10 suhuf.

Nah itulah info mengenai iman kepada kitab-kitab Allah. Selain itu juga dibagikan info nama 4 kitab-kitab Allah yang diturunkan pada para nabi dan rasul serta jumlah suhuf yang diturunkan pada nabi dan rasul tertentu. Sebagai muslim, tentunya kita wajib untuk mengimani kitab-kitab Allah SWT, karena iman kepada kitab-kitab Allah termasuk dalam rukun iman ketiga yang harus kita yakini.