Pengertian dan Makna 5 Rukun Islam


Tags

Rukun Islam adalah rukun rukun yang harus dijalankan oleh tiap umat Islam. Seseorang yang menyatakan dirinya sebagai seorang muslim yang beragama Islam harus mengerti dan mengamalkan pokok-pokok keislaman. Pokok-pokok ini lah yang kemudian disebut dengan sebutan rukun Islam. Terdapat lima perkara yang termasuk dalam rukun Islam yang harus dipenuhi dan dijalanakan oleh tiap umat Islam. Berikut ini akan kami sajikan pengertian dan penjelasan serta makna urutan dari lima rukun Islam selengkapnya.

Rukun Islam ada lima

1. Syahadat
2. Shalat
3. Zakat
4. Puasa
5. Haji

Pengertian dan Makna 5 Rukun Islam


1. Syahadat

Syahadat berarti bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah, dengan mengucapkan dua kalimat syahadat. Syahadat juga bermakna sebagai persaksian yang diucapkan secara lisan, membenarkan dengan hati kemudian mengamalkannya melalui perbuatan.

2. Shalat

Menunaikan shalat lima waktu adalah rukun Islam kedua. Shalat merupakan kewajiban bagi tiap muslim karena shalat adalah tiang agama. Shalat lima waktu dalam sehari yaitu shalat subuh, shalat dhuhur, shalat ashar, shalat maghrib dan shalat isya'. Dalam menunaikan shalat lima waktu juga harus menunaikan rukun-rukun shalat dan memenuhi syarat sah shalat serta ketentuan lainnya.

3. Zakat

Mengeluarkan zakat berupa zakat fitrah yang diwajibkan bagi setiap muslim. Adapun besar zakat fitrah yang dikeluarkan sebesar 2,5%. Zakat fitrah akan diberikan pada golongan yang berhak menerima zakat.

4. Puasa

Berpuasa di bulan Ramadhan adalah rukun Islam keempat. Hukum berpuasa wajib bagi muslim yang sudah memenuhi syarat. Puasa di bulan Ramadhan dengan mencegah diri dari makan minum, hawa nafsu dan perkara lain yang bisa membatalkan puasa.

5. Haji

Menunaikan ibadah haji adalah rukun Islam yang kelima dan yang terakhir. Ibadah haji dilakukan ke baitullah Ka'bah di kota Mekkah, Arab Saudi. Ibadah haji ini hanya dilakukan bagi para muslim yang mampu melaksanakannya secara materi dan fisik.


Itulah informasi mengenai 5 rukun Islam beserta penjelasan dan juga makna singkat kelimanya. Informasi tersebut kami kutip dari berbagai sumber dan referensi. Selain menjalankan rukun Islam, umat Islam juga wajib mempercayai enam rukun Iman dalam Islam. Semoga bisa bermanfaat.