Batasan Waktu Shalat Fardhu 5 Waktu


Tags

Shalat merupakan tiang agama. Shalat menjadi ibadah yang wajib untuk dilaksanakan bagi tiap-tiap muslim. Shalat juga termasuk dalam rukun Islam nomor dua. Sebagai seorang umat Islam, tentu wajib hukumnya untuk mengerjakan shalat wajib yaitu shalat 5 waktu. Shalat lima waktu terdiri dari shalat subuh, shalat dzuhur, shalat ashar, shalat maghrib dan shalat isya. Selain itu juga terdapat amalan-amalan shalat sunnah lain yang sangat dianjurkan bagi umat muslim. Shalat 5 waktu wajib dikerjakan oleh semua umat Islam yang sudah memenuhi syarat syarat wajib sholat. 

Pengerjaan shalat wajib juga harus memenuhi rukun rukun shalat dan syarat syah shalat yang ada di dalamnya agar shalat kita menjadi syah. Waktu pengerjaan shalat lima waktu juga telah diatur dalam Al-Qur'an dan juga As Sunnah (hadits). Allah SWT telah memberi keterangan tentang waktu waktu shalat lima waktu yang diperjelas secara rinci dalam hadits Nabi Muhammad SAW. 

Batasan Waktu Sholat Wajib

Sebagai umat Islam kita harus menjalankan sholat fardhu sesuai dengan batasan waktu yang telah ditentukan. Sebisa mungkin segera jalankan sholat setelah masuk waktu shalat, karena umat Islam tidak diperbolehkan untuk menunda-nunda waktu pengerjaan shalat. Berikut akan kami tampilkan info lengkap mengenai batasan-batasan awal dan akhir waktu sholat wajib lima waktu.


Waktu Shalat Subuh

Shalat Subuh dilakukan dua rakaat. Waktu mulainya sholat subuh dimulai dari terbitnya fajar kedua sampai terbitnya matahari. Fajar kedua yang dimaksud yaitu munculnya cahaya putih yang membentang di ufuk timur.

Waktu Shalat Dzuhur

Shalat Dzuhur dilakukan empat rakaat. Waktu mulainya sholat dzuhur dimulai saat matahari telah melewati tengah-tengah langit hingga panjang bayangan sesuatu sama dengan tingginya. Jika matahari makin naik, maka bayangan benda akan semakin pendek hingga matahari condong ke barat. Dan setelah itu bayangan akan kembali memanjang saat matahari condong ke arah barat, maka waktu shalat dzuhur telah masuk. Dan jika bayangannya kembali memanjang dan sama dengan panjang objek, maka waktu sholat dzuhur telah berakhir.

Waktu Shalat Ashar

Shalat Ashar dilakukan sebanyak empat rakaat. Waktu mulainya shalat ashar dimulai ketika panjang bayangan sesuatu sama dengan objek sampai matahari menguning atau memerah saat matahari terbenam.

Waktu Shalat Maghrib

Shalat Maghrib dilakukan tiga rakaat. Waktu mulainya shalat maghrib dimulai ketika terbenamnya matahari hingga hilangnya syafaq. Adapun maksud dari syafaq adalah cahaya kemerah-merahan yang muncul di langit.

Waktu Shalat Isya

Shalat Isya dilakukan sebanyak empat rakaat. Waktu mulainya shalat isya dimulai ketika hilangnya syafaq dan kemudian berakhir hingga waktu menunjukkan tengah malam, bukan hingga menjelang imsyak.


Itulah informasi tentang waktu waktu shalat wajib 5 waktu, mulai dari sholat subuh, sholat dzuhur, sholat ashar, sholat maghrib hingga sholat isya. Sebagai umat Islam kita wajib mendirikan sholat lima waktu, yang juga termasuk dalam rukun Islam nomor dua. Semoga info Islam tersebut bisa bermanfaat.