Doa Niat Puasa Ramadhan dan Terjemahannya


Puasa merupakan salah satu dari lima rukun Islam yang harus dijalankan oleh seluruh umat Islam, selain mengucapkan syahadat, mendirikan shalat, membayar zakat dan juga ibadah Haji. Puasa yang wajib dilaksanakan oleh umat Islam adalah puasa Ramadhan. Perintah puasa ini terdapat dalam Al-Qur'an surat Al-Baqarah ayat ke 183. Bulan Ramadhan memang menjadi bulan yang sangat spesial bagi muslim di seluruh dunia, karena dalam satu bulan penuh tersebut, umat Islam yang sudah memenuhi syarat wajib menjalankan ibadah puasa. Segala ibadah di bulan Ramadhan juga akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah dibandingkan dengan di bulan-bulan lain. Tak heran jika tiap muslim berlomba-lomba melakukan kebaikan selama bulan suci Ramadhan.

Puasa dalam bahasa Arab disebut juga dengan istilah shaum atau siyam. Kata shaum berarti menjauhkan diri dari sesuatu. Oleh karena itu, secara umum pengertian puasa bisa diartikan sebagai kegiatan untuk menjauhkan diri dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa di antaranya seperti makan, minum dan dari hawa nafsu. Adapun waktu untuk pelaksanaan ibadah puasa adalah mulai dari terbitnya fajar (waktu shubuh) sampai terbenamnya matahari (waktu maghrib).

Doa Niat Puasa Ramadhan dan Terjemahannya

Salah satu rukun puasa yang paling utama adalah niat. Niat puasa dilakukan sebagai perwujudan diri akan melaksanakan ibadah puasa dengan kesungguhan hati. Bacaan niat biasanya diucapkan pada malam hari, biasanya setelah ibadah shalat tarawih. Yang jelas, niat harus dilakukan sebelum subuh atau saat fajar terbit. Adapun bacaan niat dilafadzkan dalam bahasa Arab. Berikut kami tampilkan bacaan doa niat puasa di bulan Ramadhan lengkap beserta teks tulisan latin dan arti terjemahannya.



نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Tulisan latin : 
Nawaitu shauma godhin 'an adaa'i fardhi syahri romadhoona haadzihis sanati lillahi ta'ala

Artinya : 
"Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu pada bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala"


Itulah informasi mengenai doa niat puasa pada bulan Ramadhan beserta arti dan juga maknanya. Bacaan doa niat puasa tersebut harus diucapkan sebelum kita akan menunaikan ibadah puasa karena niat merupakan salah satu dari rukun puasa yang apabila tidak dikerjakan, maka tidak sah ibadahnya. Biasanya ucapan niat tersebut juga bisa dilakukan di awal bulan Ramadhan untuk meniatkan puasa selama sebulan penuh untuk mengantisipasi apabila kemudian kita lupa melafadzkan niat pada malam-malam berikutnya di bulan Ramadan.

Semoga artikel informasi tentang bacaan doa niat ibadah puasa tersebut bisa bermanfaat. Jika dirasa bermanfaat, silahkan share dan bagikan artikel ini kepada sesama umat Islam lainnya. Semoga semua ibadah yang kita kerjakan dapat diterima pahalanya oleh Allah SWT.