Syarat Wajib Shalat dan Syarat Sah Shalat

Tags

Tiap umat Islam wajib melaksanakan shalat. Ya, shalat merupakan ibadah wajib dan salah satu ibadah utama dalam ajaran agam Islam. Allah mewajibkan muslim mendirikan shalat lima waktu mulai dari subuh, dhuhur, asar, maghrib dan isya. Shalat juga termasuk dalam rukun Islam nomor dua. Tentunya sebagai umat Islam kita harus tahu mengenai tata cara shalat. Tata cara shalat tersebut bisa dilihat pada rukun rukun shalat yang jumlahnya ada 13. Rukun rukun shalat tersebut harus dijalankan dengan benar agar shalat kita diterima oleh Allah SWT.

(baca juga rukun rukun shalat)

Sebelumnya, kita juga harus tahu mengenai syarat wajib shalat. Syarat wajib shalat merupakan syarat syarat yang membuat seseorang diwajibkan menjalankan perintah shalat. Tiap orang yang sudah memenuhi semua syarat tersebut wajib mendirikan shalat 5 waktu, sedangkan jika ada salah satu syarat yang tidak terpenuhi maka tidak diwajibkan orang tersebut untuk melaksanakan shalat.

Syarat Wajib Shalat dan Syarat Sah Shalat


1. Islam
Tiap orang Islam wajib melaksanakan shalat. Muslim di seluruh dunia wajib menjalankan shalat 5 waktu, yaitu subuh, dhuhur, asar, maghrib dan isya.

2. Baligh
Seseorang sudah mulai diwajibkan mendirikan shalat saat sudah memasuki masa baligh atau usia dewasa. Masa akil baligh laki-laki dimulai saat berusia 15 tahun atau telah keluar sperma, sedangkan masa baligh perempuan dimulai saat setelah keluar darah haid.

3. Berakal Sehat
Orang yang berakal sehat diwajibkan untuk shalat. Orang yang tidak berakal atau orang gila tidak diwajibkan untuk shalat.


Seseorang yang telah memenuhi tiga syarat di atas, yaitu Islam, baligh dan berakal shalat maka diwajibkan untuk mendirikan shalat fardhu. Jika ada salah satu syarat tidak terpenuhi, maka tidak diwajibkan baginya untuk shalat. Selain syarat wajib di atas, juga perlu diperhatikan adalah syarat sah shalat. Syarat sah shalat adalah syarat syarat yang harus dipenuhi agar shalat kita menjadi sah dan diterima oleh Allah.



1. Suci dari hadas kecil dan hadas besar
Sebelum mendirikan shalat, seorang muslim harus suci dari dua macam hadas, yaitu hadas kecil dan hadas besar. Untuk itu sebelum shalat seorang muslim harus berwudhu terlebih dahulu.

2. Suci badan, pakaian dan tempat shalat dari najis
Sebelum shalat, kita juga harus memastikan bahwa tubuh kita bersih dari najis. Selain badan, pakaian yang kita kenakan dan tempat kita shalat juga harus suci.

3. Menutup aurat
Saat melaksanakan shalat, kita juga harus menutup aurat kita. Adapun aurat laki-laki meliputi antara pusar hingga lutut, sedangkan aurat perempuan adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan kedua telapak tangannya. Jika terdapat aurat kita yang terbuka, maka tidak sah shalat kita.

4. Menghadap kiblat
Saat melaksanakan shalat, umat Islam harus menghadap kiblat, yaitu Masjidil Haram Ka'bah di Mekkah. Di Indonesia, arah kiblat menghadap ke arah Barat.

5. Masuk waktu shalat
Shalat harus dilakukan sesuai waktunya masing-masing. Tiap shalat fardhu memiliki waktu shalat masing-masing dimana kita harus mendirikan shalat pada interval waktu tersebut. Tidak sah shalat ktia jika tidak sesuai dengan waktu masing-masing.



Itulah info syarat wajib dan syarat sah shalat selengkapnya. Lima syarat sah shalat tersebut harus dipenuhi agar shalat kita menjadi sah dan diterima oleh Allah SWT. Tentu sebagai umat Islam, shalat merupakan ibadah yang penting sehingga harus benar-benar dipelajari. Semoga ibadah kita diterima oleh Allah SWT.


EmoticonEmoticon