25 Nama Nama Nabi dan Rasul dalam Islam

Tags

Nabi adalah laki-laki utusan Allah yang diberikan wahyu oleh Allah. Pengertian nabi ini berbeda dengan pengertian rasul. Rasul adalah laki-laki utusan Allah yang mendapat wahyu dan wajib untuk menyebarkannya kepada umatnya. Artinya, baik nabi dan rasul sama-sama seorang laki-laki yang diutus oleh Allah SWT dan juga sama-sama menerima wahyu dari Allah SWT. Hanya saja, nabi tidak wajib menyebarluaskannya, sedangkan rasul diwajibkan untuk menyampaikan wahyu Allah tersebut kepada umat manusia. Sebagai umat Islam, tentu kita wajib untuk mengimani nabi dan rasul Allah. Hal ini juga tertera dalam rukun iman, dimana iman kepada nabi dan rasul Allah SWT merupakan bunyi dari rukun iman keempat.

Nabi dan rasul utusan Allah memiliki sifat-sifat dan ciri-ciri kenabian yang khusus dan juga memiliki akhlak mulia yang patut untuk kita teladani. Allah mengutus nabi/rasul di tiap zaman. Tugas tugas dari seorang nabi antara lain adalah menyampaikan wahyu dari Allah, memberi kabar gembira dan peringatan pada umat manusia, mentauhidkan dan juga mengesakan Allah SWT, serta menyebarkan ajaran agama Islam, dimana hanya Allah lah Tuhan semesta alam yang berhak untuk disembah. Selain itu, Allah juga memberikan mukjizat kepada beberapa nabi terpilih.

Jumlah nabi sebenarnya ada banyak, bahkan dalam beberapa hadits meriwayatkan bahwa jumlah nabi yang ada sebanyak ribuan. Namun dari sekian banyak tersebut, hanya 25 nabi/rasul yang wajib untuk kita imani. Nabi pertama adalah Nabi Adam, yang merupakan manusia pertama yang diciptakan oleh Allah SWT. Adapun nabi terakhir adalah Nabi Muhammad SAW yang menjadi suri tauladan bagi kita semua. Riwayat dan kisah para nabi ini bisa kita temui dalam ayat ayat Al-Qur'an. Berikut daftar 25 nabi/rasul yang wajib untuk diimani dalam ajaran agama Islam.


25 Nama Nabi dan Rasul dalam Islam

25 Nama Nabi dan Rasul


1. Nabi Adam as
2. Nabi Idris as
3. Nabi Nuh as
4. Nabi Hud as
5. Nabi Sholeh as

6. Nabi Ibrahim as
7. Nabi Luth as
8. Nabi Ismail as
9. Nabi Ishak as
10. Nabi Ya'kub as

11. Nabi Yusuf as
12. Nabi Ayyub as
13. Nabi Syu'aib as
14. Nabi Musa as
15. Nabi Harun as

16. Nabi Zulkifli as
17. Nabi Daud as
18. Nabi Sulaiman as
19. Nabi Ilyas as
20. Nabi Ilyasa' as

21. Nabi Yunus as
22. Nabi Zakaria as
23. Nabi Yahya as
24. Nabi Isa as
25. Nabi Muhammad saw


Itulah info 25 nama nabi dan rasul dalam Islam selengkapnya. Sebagai muslim, tentu kita wajib untuk mengimani 25 nabi tersebut. Selain itu, kita juga dianjurkan untuk meniru teladan dan sifat sifat para nabi dan rasul tersebut, terutama Rasulullah SAW sebagai nabi terakhir. Semoga berita Islam tersebut bisa bermanfaat.


EmoticonEmoticon