Doa Masuk Rumah dan Doa Keluar Rumah


Tags

Sebagai seorang muslim, kita tentu dituntut untuk terus menjalankan ibadah sehari-hari. Ibadah wajib seperti shalat atau puasa tentu wajib untuk dilakukan sesuai dengan perintah Allah. Dalam kehidupan sehari-hari, kita juga dianjurkan untuk berdoa. Doa kita ucapkan, baik di awal sebelum menjalankan kegiatan maupun di akhir setelah melakukan kegiatan tersebut. Doa yang kita ucapkan bertujuan untuk melancarkan aktivitas kita dengan meminta rahmat Allah sesuai dengan ajaran agama Islam.

Saat akan masuk rumah, kita juga dianjurkan untuk berdoa selain juga mengucapkan salam. Begitu pun saat akan keluar rumah. Tiap hari tentu kita tidak luput akan keluar-masuk rumah. Maka sebagai muslim, kita disunnahkan untuk membaca doa, baik doa masuk rumah maupun doa keluar rumah. Doa masuk rumah yang dimaksud tidak hanya rumah sendiri, namun juga termasuk saat akan masuk rumah orang lain. Berikut kami akan tampilkan bacaan doa dan lafadz doa masuk dan keluar rumah, baik tulisan Arab, tulisan latin dan terjemahannya.

Doa Masuk Rumah dan Doa Keluar Rumah


Doa masuk rumah dianjurkan dibaca saat akan memasuki rumah, baik rumah sendiri maupun rumah orang lain yang akan kita kunjungi. Doa ini kita lafadzkan untuk meminta doa pada Allah saat masuk dalam tempat tinggal kita. Adapun bacaan doa masuk rumah dan arti terjemahannya adalah sebagai berikut.


بِسْمِ اللَّهِ ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه

"Bismilaahi tawakkaltu 'alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi"

Artinya :
Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja


Doa keluar rumah juga dianjurkan untuk kita ucapkan. Doa ini kita ucapkan saat akan keluar rumah, baik saat kita keluar untuk bersekolah, bekerja, berbelanja ke pasar atau menjalankan aktivitas lainnya. Adapun bacaan doa keluar rumah dan arti terjemahannya adalah sebagai berikut.


بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا ، وَعَلَى اللهِ رَبَّنَا تَوَكَّلْنَا 

"Bismillahi walajnaa wa bismillahi kharajnaa wa-alallaahi rabbina tawak-kalnaa"

Artinya :
Dengan nama Allah kami masuk rumah, dengan nama Allah aku keluar rumah, serta kepada-Nya aku berserah diri


Itulah informasi lengkap mengenai bacaan doa masuk rumah dan doa keluar rumah lengkap beserta arti dan makna terjemahannya. Tentunya sebagai muslim kita dianjurkan untuk berdoa saat akan menjalankan kegiatan tertentu, termasuk saat masuk rumah atau pun keluar rumah. Sebagai tambahan kita juga harus mengucapkan salam saat akan masuk rumah. Sekian info bacaan doa Islam kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan dapat mengamalkan doa doa tersebut.