Doa Sebelum Tidur dan Doa Bangun Tidur

Tags

Islam merupakan agama yang mengatur segala sesuatu yang penting dalam syari'at, termasuk tidur. Tidur merupakan aktivitas yang dilakukan manusia untuk beristirahat dari lelah kegiatan sehari-hari. Tidur bisa dilakukan pada malam hari atau siang hari. Seseorang biasanya tidur dalam kisaran janga waktu antara 6 jam hingga 9 jam per harinya. Tidur memang menjadi jenis istirahat yang paling efektif untuk menghilangkan rasa capek atau lelah. Saat kita tidur, kita akan kehilangan kesadaran namun fungsi otak kita tetap bekerja.

Dalam Islam, tidur merupakan salah satu aktivitas yang diatur oleh syari'at. Oleh karena itu, sebagai seorang muslim kita disunnahkan untuk membaca doa sebelum tidur. Selain doa saat akan tidur di malam harinya, kita juga dianjurkan untuk membaca doa saat setelah bangun tidur di pagi harinya. Doa tidur biasanya sudah diajarkan sejak kecil karena tidur merupakan aktivitas yang dilakukan tiap hari. Berikut akan ditampilkan lafadz doa tidur baik versi bahasa Arab atau pun versi teks latin beserta arti dan terjemahannya.

Doa Sebelum Tidur dan Doa Bangun Tidur

Sebelum tidur kita disunnahkan membaca doa. Doa ini dilafadzkan saat sudah berbaring di tempat tidur dengan niat untuk tidur. Membaca doa tidur ini memiliki banyak faedah, di antaranya untuk menjaga kita saat tidur dan agar tidak mendapat mimpi buruk. Adapun bacaan doa sebelum makan adalah sebagai berikut.

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَاَمُوْتُ

"Bismikkallahumma ahya wa amutu."

Artinya: 
Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan aku mati.


Setelah kita bangun tidur, kita juga disunnahkan membaca doa. Doa bangun tidur ini diucapkan segera setelah kita bangun tidur untuk memulai aktivitas di pagi hari. Adapun teks bacaannya adalah sebagai di bawah ini.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَحْيَانَا بَعْدَمَآ اَمَاتَنَا وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ

"Alhamdulillahil ladzi ahyana ba’da ma amatana wailaihin nusyur"

Artinya: 
Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami sesudah kami mati (membangunkan dari tidur) dan hanya kepada-Nya kami dikembalikan.

Itulah informasi mengenai bacaan doa sebelum tidur dan doa bangun tidur lengkap bahasa Arab, tulisan latin serta makna terjemahannya. Tentu sebagai seorang muslim alangkah baiknya jika kita mulai membiasakan untuk membaca doa tidur sebelum dan sesudah tidur, baik saat malam maupun tidur siang. Sekian info bacaan doa Islam kali ini. Semoga bisa bermanfaat.


EmoticonEmoticon