Bacaan Doa Niat Wudhu dan Doa Sesudah Wudhu


Wudhu adalah kegiatan untuk membersihkan hadas kecil sesuai dengan tata cara dalam agama Islam. Kegiatan dalam berwudhu meliputi membasuh bagian tubuh yang sesuai dengan rukun rukun wudhu dengan air. Berwudhu menjadi kegiatan lumrah yang dilakukan oleh muslim sehari-hari. Sebelum menjalankan shalat misalnya, kita diharuskan untuk berwudhu untuk memenuhi syarat sah shalat, yaitu bersih dari hadas kecil. Berwudhu harus dilakukan dengan air yang suci dan mensucikan. Hal hal ini dilakukan agar wudhu kita menjadi sah. 

Jika wudhu kita tidak sah, maka ibadah shalat yang akan kita lakukan setelahnya juga menjadi tidak sah. Untuk itu kita harus benar-benar mempelajari tata cara berwudhu yang baik dan benar sesuai dengan syari'at ajaran agama Islam yang benar. Hal hal yang dipelajari meliputi rukun wudhu dan bacaan doa wudhu, baik doa niat wudhu maupun doa setelah berwudhu.

Bacaan Doa Niat Wudhu dan Doa Sesudah Wudhu

Bacaan Doa Niat Wudhu

Niat wudhu termasuk dalam rukun wudhu yang pertama. Layaknya ibadah lain, sebelum berwudhu kita harus melakukan niat. Niat wudhu berarti kita harus bersungguh-sungguh dalam menjalankan wudhu. Adapun bacaan niat wudhu adalah sebagai berikut.

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَلِرَفْعِ الْحَدَثِ الْاَصْغَرِفَرْضًالِلّٰهِ تَعَالٰى

"Nawaitul wudluu-a liraf'il hadatsil ash-ghari fardhilan lillaahi ta'aala"

Artinya : 
"Aku niat berwudhu untuk menghilangkan hadas kecil karena Allah"


Setelah menjalankan wudhu, kita disunnahkan untuk segera membaca doa setelah wudhu. Doa sehabis wudhu ini disunnahkan untuk dibaca setelah berwudhu sambil menghadap ke arah kiblat dan menengadahkan tangan. Adapun bacaan doa sesudah wudhu adalah sebagai berikut.

اَشْهَدُ اَنْ لَااِلٰهَ اِلَّااللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهٗ وَاَشْهَدُاَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهٗ وَرَسُوْلُهٗ، سُبْحَانَكَ اللّٰهُمَّ وَبِحَمْدِكَ اشْهَدُاَنْ لَااِلٰهَ اِلَّاَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ.اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ، وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنَيْ مِنَ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

"Asyhadu an laa ilaaha illallaau wahdahuu laa syariika lah, wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuuluh. Subhanakallahumma wabihamdika asyhaduallailahailla anta astagfirukawaatubuilaik. Allaahummaj’alnii minat-tawwaabiin, waj’alnii minal-mutathahhiriin, waj’alnii min ‘ibaadikash-shaalihiin".

Artinya :
"Aku bersaksi tiada Tuhan melainkan Allah yang Tunggal, tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya. Ya Allah jadikanlah aku orang yang ahli taubat, dan jadikanlah aku orang yang suci dan jadikanlah aku dari golongan hamba-hamba-Mu yang shaleh."


Itulah info Islami mengenai bacaan doa niat wudhu dan bacaan doa sesudah wudhu, baik lafadz Arab, tulisan latin ataupun arti dan makna terjemahannya. Sebagai muslim, tentu kita harus mempelajari hal hal yang berkaitan dengan wudhu sesuai dengan syari'at Islam. Sekian info bacaan doa Islam kali ini.