Hal Hal yang Membatalkan Puasa dan Penjelasannya


Tags

Puasa di bulan Ramadhan merupakan ibadah wajib bagi umat Islam. Puasa juga termasuk salah satu dari lima perkara rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh muslim, selain syahadat, shalat, zakat dan haji. Puasa merupakan kegiatan untuk menahan diri dari makan, minum dan segala hal yang bisa membatalkan puasa dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari. Selama bulan Ramadhan, muslim di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa. Di bulan suci Ramadhan, segala ibadah yang kita lakukan juga akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah.

Sebagai seorang muslim, tentu kita harus mempelajari hal hal yang berkaitan dengan puasa, mulai dari syarat syarat puasa, rukun puasa hingga bacaan niat puasa. Selain itu kita harus tahu mengenai hal hal yang dapat membatalkan puasa. Kebanyakanya orang awam mungkin menganggap hanya makan dan minum yang bisa membuat puasa kita batal. Namun faktanya ada beberapa perkara yang bisa membuat puasa batal. Berikut penjelasan singkatnya.

Hal Hal yang Membatalkan Puasa dan Penjelasannya

Hal Hal yang Membatalkan Puasa


Makan dan Minum

Puasa mengharuskan kita untuk menaha diri dari rasa lapar dan haus. Untuk itu kita tidak diperbolehkan makan dan minum, meskipun hanya sedikit. Orang yang makan atau minum waktu berpuasa, maka puasanya batal. Pengecualian terjadi jika kita makan tanpa sengaja atau karena kita lupa sedang berpuasa, maka puasa kita tidak batal.

Melakukan hubungan badan

Saat berpuasa, kita harus menahan hawa nafsu kita. Untuk itu kita dilarang melakukan hubungan badan saat sedang proses menjalani ibadah puasa. Hal tersebut bisa membuat puasa kita langsung menjadi batal.

Muntah dengan sengaja

Muntah dengan sengaja, seperti saat kita dengan sengaja memasukkan jari kita ke dalam mulut agar kita muntah, dapat membatalkan puasa kita. Namun jika muntah karena sakit atau tidak disengaja, maka puasa kita masih tergolong sah.

Keluarnya air mani karena sentuhan

Keluarnya air mani karena melakukan sentuhan dapat membuat puasa menjadi batal. Namun jika keluarnya air mani disebabkan karena mimpi basah, maka puasa orang tersebut masih sah dan belum termasuk batal.

Haid dan nifas

Perempuan yang sedang dalam haid dan nifas tidak wajib menjalankan puasa. Jika saat puasa, seseorang mengalami haid atau nifas, maka puasanya langsung batal. Orang tersebut harus mengganti puasanya di lain hari.

Hilang akal

Orang yang tidak memiliki akal atau orang gila tidak diwajibkan berpuasa. Oleh karena itu, jika seseorang hilang akal seperti gila atau mabuk saat sedang puasa, maka otomatis puasanya langsung menjadi batal.

Murtad

Puasa Ramadhan merupakan kewajiban bagi umat Islam. Bagi orang yang tidak Islam, hilang kewajiban berpuasa baginya. Oleh karena itu, jika saat sedang berpuasa orang tersebut murtad atau keluar dari Islam, maka batal puasanya.

(baca juga syarat wajib puasa)


Itulah info Islami mengenai hal hal yang membatalkan puasa Ramadhan lengkap beserta penjelasannya. Sebagai muslim, tentu kita harus mempelajari ilmu ilmu fiqih Islam yang berkaitan dengan puasa agar puasa kita bisa diterima. Semoga semua ibadah yang kita lakukan bisa diterima oleh Allah SWT. Sekian info Islam kali ini.