Belajar Huruf Hijaiyah (Tulisan Arab) dan Cara Membacanya

Tags

Bagi umat Islam, bahasa Arab merupakan bahasa yang sangat penting. Bahasa Arab menjadi bahasa yang digunakan dalam penulisan kitab suci Al-Qur'an. Selain itu hadits-hadits Nabi juga menggunakan bahasa Arab. Untuk itu sebagai muslim kita harus bisa membaca tulisan Arab, yang bisa berfungsi agar kita lebih lancar mengaji Al-Qur'an. Kita juga bisa lebih memahami isi, makna dan kandungan yang terdapat dalam surat surat d Al-Qur;an dengan mempelajari tulisan Arab. 

Huruf huruf dalam bahasa Arab disebut dengan huruf hijaiyah. Tentu kita sudah diajarkan dengan huruf hijaiyah sedari kecil, mulai dari diajari orang tua di lingkup keluarga, diajari ustadz dan guru ngaji di TPQ tempat mengaji atau di sekolah dasar dan madrasah madrasah saat pelajaran Agama Islam. Meski begitu masih banyak orang Indonesia yang belum lancar dan fasih dalam mengaji, meski usia mereka sudah tidak muda lagi. Tidak ada kata terlambat untuk belajar huruf hijaiyah. Kita diwajibkan untuk mencari ilmu sampai kapan pun, sehingga tak ada salahnya untuk terus belajar bagaimana cara membaca tulisan Arab dengan baik dan benar ini.

Total jumlah huruf hijaiyah ada 28 huruf, mulai dari Alif, Ba, Ta hingga yang terakhir Ya. Selain itu terdapat beberapa intonasi lafadz yang berbeda antara bahasa Indonesia dan bahasa Arab. Berikut daftar lengkap 26 huruf hijaiyah.

Huruf Hijaiyah / Tulisan Arab

Belajar Huruf Hijaiyah (Tulisan Arab) dan Cara Membacanya

Itu adalah dasar dasar huruf hijaiyah yang terdiri dari 28 huruf. Tentu info tersebut hanya berfungsi sebagai panduan informasi dasar saja. Untuk bisa belajar tulisan Arab, dibutuhkan guru atau ustadz langsung untuk bisa menuntun mengenai ucapan pelafadzan kata kata dalam bahasa Arab. Hal ini karena banyak pengucapan huruf hijaiyah yang berbeda dengan lidah orang orang Indonesia.

Akan lebih baik jika belajar tulisan Arab dan artinya sudah dilakukan sejak masih anak-anak. Hal ini karena akan lebih mudah bagi anak anak untuk menyerap informasi baru yang masuk. Namun tentu tidak ada kata terlambat untuk belajar. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat dan bisa menjadi referensi singkat.


EmoticonEmoticon