Definisi dan Pengertian Shalat dalam Fiqih Islam


Shalat merupakan ibadah wajib bagi pemeluk agama Islam. Dalam ejaan bahasa Indonesia, terdapat beberapa variasi kata shalat, yaitu sholat atau salat, tapi dengan bacaan yang hampir sama. Shalat merupakan ibadah utama dalam agama Islam. Sebagai muslim, hukumnya wajib untuk mendirikan shalat lima waktu. Yang dimaksud dengan shalat 5 waktu adalah shalat Subuh, shalat Dhuhur, shalat Ashar, shalat Maghrib dan yang terakhir shalat Isya. Shalat termasuk satu dari 5 rukun Islam. Shalat juga diibaratkan sebagai tiang agama, yang artinya dengan mendirikan shalat, maka kita seolah-olah telah mendirikan tiang agama Islam. 

Definisi Shalat

Kata shalat secara bahasa berasal dari bahasa Arab. Arti kata tersebut yaitu doa atau ungkapan. Sedangkan menurut istilah, shalat berarti serangkaian kegiatan ibadah tertentu dalam Islam yang dimulai dengan melakukan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam dengan syarat dan rukun yang telah ditentukan dalam syari'at.

Definisi dan Pengertian Shalat dalam Fiqih Islam

Pengertian Shalat

Secara umum, shalat berarti ibadah wajib umat Islam yang harus dilakukan sehari-hari. Dalam sehari, kita diperintahkan mendirikan shalat fardhu lima waktu. Segala sesuatu yang berhubungan dengan ibadah sholat telah diatur dan ditentukan oleh syari'at, mulai dari syarat wajib shalat, syarat sah shalat, rukun shalat, tata cara shalat, sunnah sunnah shalat serta hal hal yang dapat membatalkan shalat.


Dalam kitab Al-Qur'an surat Al-'Ankabut ayat 45 dijelaskan bahwa ibadah shalat dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar, seperti tertera berikut.

"...dirikanlah salat, sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar, dan sesungguhnya mengingat Allah (salat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain)."
(QS. Al-Ankabut : 45)

(baca juga rukun rukun shalat)

Secara umum shalat juga bisa dibagi menjadi dua, yaitu shalat fardhu dan shalat sunnah. Shalat fardhu merupakan shalat yang hukumnya wajib, meliputi shalat Subuh, Dhuhur, Ashar, Maghrib dan Isya. Sedangkan shalat sunnah merupakan shalat yang hukumnya sunnah dan dianjurkan untuk dikerjakan, di antaranya adalah shalat Tahajud, shalat Dhuha, shalat Tarawih dan lain-lain.

Shalat juga bisa dikerjakan dengan dua cara, yaitu shalat munfarid atau shalat sendiri serta shalat berjamaah. Shalat munfarid dikerjakan secara sendiri atau individu. Sedangkan shalat berjamaah dikerjakan lebih dari satu orang, bisa dua orang, tiga orang atau lebih banyak lagi. Dalam shalat jamaah, ada satu orang yang bertindak sebagai imam sedangkan yang lain menjadi makmum. Shalat jamaah diganjar pahal 27 kali derajat lebih banyak dibandingkan shalat sendiri.