Adab Adab Makan dan Minum dalam Islam


Tags

Makan merupakan kegiatan yang menjadi kebutuhan bagi manusia. Sebagai manusia kita tentu butuh makan tiap harinya agar perut kita tidak lapar. Para ahli kesehatan merekomendasikan kita untuk makan tiga kali sehari. Makan berfungsi memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh kita. Selain makan, kita tentunya juga harus minum. Kebutuhan akan air putih menjadi penting menghilangkan rasa haus dan dehidrasi. Selain itu minum juga berfungsi untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh.

Ajaran agama Islam juga mengatur mengenai adab adab saat makan dan minum. Sebagai seorang muslim, tentu kita diharuskan untuk memenuhi ajaran sesuai syariat Islam serta yang sudah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, termasuk dalam tata cara dan etika saat makan-minum. Banyak hadits Nabi yang mengatur adab adab makan serta minum, seperti makan dengan tangan kanan atau membaca basmallah sebelum makan.

Namun pada prakteknya, masih banyak adab makan dan minum yang tidak kita lakukan, baik dengan sengaja atau pun tanpa sengaja. Seringkali kita lalai akan etika dalam makan dan minum karena menyepelekannya, padahal dengan menjalankan adab makan-minum dalam Islam banyak manfaat dan faedah yang bisa kita dapat. Berikut etika dan adab makan serta minum dalam Islam.

Adab Adab Makan dan Minum dalam Islam

Adab Makan dan Minum dalam Islam


1. Membaca doa sebelum makan saat akan makan dan juga doa sesudah makan setelah makan.

2. Makan dengan menggunakan tangan kanan, hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah SAW.
"Apabila salah seorang dari kalian makan, makanlah dengan tangan kanan dan minumlah dengan tangan kanan, karena sesungguhnya setan makan dan minum dengan tangan kirinya." (HR. Muslim)

3. Makan dengan tiga jari tangan (ibu jari, telunjuk dan jari tengah)

3. Makan secukupnya, tidak makan secara berlebih-lebihan

4. Makan dengan posisi duduk

5. Memulai makan dengan mengambil makanan yang terdekat

6. Jika ada makanan yang jatuh, maka dianjurkan bagi kita untuk mengambilnya dan memakannya kembali, sesuai dengan hadits Rasulullah SAW.
"Jika salah satu dari kalian makan lalu makanan tersebut jatuh, maka hendaklah ia memungutnya dan membuang kotorannya kemudian memakannya. Jangan ia biarkan makanan itu untuk setan." (HR At-Tirmidzi)

7. Tidak menghina rasa makanan

8. Dianjurkan untuk makan bersama-sama

9. Menghabiskan makanan dan tidak menyisakan makanan

10. Minum tiga kali tegukan sambil menghela nafas di luar gelas

11. Mendahulukan makan daripada shalat jika makanan sudah dihidangkan, agar saat shalat tidak memikirkan makanan

12. Tidak makan dan minum dengan wadah yang terbuat dari emas atau pun perak, sesuai dengan hadits Nabi.
"Orang yang minum pada bejana perak sesungguhnya ia mengobarkan api neraka jahanam dalam perutnya." (HR Bukhari dan Muslim)

13. Makan makanan dan minuman yang halal, baik dari bahan bakunya maupun dari proses cara mendapatkannya, sesuai dengan firman Allah SWT.
"Hai para Rasul, makanlah yang baik-baik dan kerjakanlah amal shalih. Sesungguhnya Aku maha mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-Mu'minun: 51)


Nah, itu tadi adab makan dan minum menurut Rasulullah. Sebagai seorang umat Islam, kita harus melaksanakan adab adab makan dan minum tersebut. Bukan hal yang sulit untuk bisa melaksanakannya selama ada niat dan kemauan. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat.