Teks Bacaan Surat Al Zalzalah Arab Latin dan Terjemahannya


Tags

Surat Al-Zalzalah merupakan surat pendek yang ada pada juz amma atau juz ke-30 dalam kitab suci Al-Qur'an. Surat ini merupakan surat ke-99 dalam Al-Qur'an. Al-Zalzalah terdiri dari total 8 ayat. Surat Al-Zalzalah ini termasuk dalam kategori surat Madaniyah, yang berarti surat ini diturunkan di kota Madinah. Nama Al-Zalzalah sendiri diambil dari ayat pertama surat ini yang berarti goncangan.

Makna yang terkandung dalam surah Al Zalzalah ini berkisar seputar hari kiamat. Pokok dan isi kandungan surat ini juga menerangkan goncangan bumi secara dahsyat yang akan terjadi saat hari kiamat nanti serta kebingungan manusia pada hari kiamat. Kelak manusia juga akan dikumpulkan pada hari akhir untuk dihisab segala amal perbuata mereka menurut surat Al-Zalzalah ini.

Berikut akan kami tampilkan bacaan surat Al-Zalzalah selengkapnya, mulai dari versi lafadz tulisan Arab, teks tulisan latin serta arti dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia yang berfungsi untuk lebih memahami makna dan juga isi kandungan pokok dari tiap ayat-ayat surah Al Zalzalah ini.

Teks Bacaan Surat Al Zalzalah Arab Latin dan Terjemahannya

Bacaan Surat Al-Zalzalah


إِذَا زُلْزِلَتِ الْأَرْضُ زِلْزَالَهَا ﴿١﴾ وَأَخْرَجَتِ الْأَرْضُ أَثْقَالَهَا ﴿٢﴾ وَقَالَ الْإِنسَانُ مَا لَهَا ﴿٣﴾ يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ أَخْبَارَهَا ﴿٤﴾ بِأَنَّ رَبَّكَ أَوْحَىٰ لَهَا ﴿٥﴾ يَوْمَئِذٍ يَصْدُرُ النَّاسُ أَشْتَاتًا لِّيُرَوْا أَعْمَالَهُمْ ﴿٦﴾ فَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ ﴿٧﴾ وَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ ﴿٨

Tulisan Latin Surat Al Zalzalah

1. Idzaa zulzilati ardhu zilzaalahaa
2. Wa-akhrajati ardhu atsqaalahaa
3. Waqaala insaanu maa lahaa
4. Yawma-idzin tuhadditsu akhbaarahaa
5. Bi-anna rabbaka awhaa lahaa
6. Yawma-idzin yashdurunnaasu asytaatan liyuraw a’maalahum
7. Faman ya’mal mitsqaala dzarratin khayran yarahu
8. Waman ya’mal mitsqaala dzarratin syarran yarahu

Arti Terjemahan Surat Al Zalzalah

1. Apabila bumi diguncangkan hingga gempar,
2. Serta bumi mengeluarkan hal-hal yang terpendam dari dalamnya,
3. Sehingga manusia mengatakan: "Ada apa dengan ia?"
4. Pada Hari itu ia menjelaskan riwayatnya;
5. Karena sungguh Tuhanmulah yang kelak memerintahkan ia.
6. Pada Hari itu umat manusia bermunculan dari kubur dalam keadaan berkelompok-kelompok, supaya diperlihatkan kepada mereka; berbagai amal mereka,
7. Barangsiapa yang memperbuat kebaikan seukuran zarrah, maka kelak orang itu akan mendapati hal tersebut,
8. Sedangkan barangsiapa yang memperbuat kejahatan seukuran zarrah, maka kelak orang itu akan mendapati hal tersebut.


Itulah artikel lengkap mengenai bacaan surat Al Zalzalah lengkap beserta teks tulisan latin, arti terjemahan dalam bahasa Indonesia serta makna dan kandungan pokok surat. Sekian info bacaan surat Al-Quran kali ini. Semoga informasi bacaan surat bisa bisa menjadi referensi bagi para pembaca sekalian.