Doa Untuk Menenangkan Hati dan Jiwa yang Gelisah


Tags

Manusia merupakan makhluk yang rapuh dan bisa dirundung kegelisahan kapan saja. Tentu tiap orang bisa saja dirundung galau dan gelisah yang membuat hati kita tidak tenang. Banyak alasan yang membuat hati kita menjadi gelisah, kebanyakan tentunya karena urusan duniawi, entah itu masalah ekonomi, pekerjaan atau terdapat masalah dengan keluarga dan teman. Hal hal semacam ini bisa membuat kita kepikiran yang membuat kita menjadi khawatir, resah dan gelisah dan bisa berakibat pada munculnya stress pada pikiran kita.

Jika hal semacam ini melanda kita, salah satu cara paling ampuh adalah dengan berdoa. Berdoa merupakan salah satu jalan dari segala masalah kita, dengan meminta kepada Allah SWT untuk diberikan ketenangan pada hati, jiwa dan pikiran kita. Kegelisahan biasanya tidak ditunjukkan secara fisik. Penyakit galau dan gelisah melanda pada hati dan pikiran yang tidak nampak yang membuat kita tidak merasakan bahagia.

Mengatasi rasa gelisah bisa dilakukan dengan beberapa cara dengan mendekatkan diri pada Allah, bisa dengan membaca Al-Qur'an, mengambil air wudhu dan tentu saja dengan berdoa meminta langsung pada Allah SWT. Berikut adalah kumpulan bacaan doa yang dilafadzkan saat hati gelisah agar hati dan pikiran kita menjadi tenang dan tentram lengkap mulai dari lafadz Arab, tulisan latin serta arti dan terjemahan bahasa Indonesia selengkapnya.

(baca juga tata cara berwudhu)

Doa Untuk Menenangkan Hati dan Jiwa yang Gelisah

Doa Penenang Hati


Lafadz Arab

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Teks latin
"Allahumma inni as aluka nafsaan bika muthma-innah, tu'minu biliqoo-ika' watardhoo bi qodhooika wataqna'u bi'athooika"

Artinya :
"Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridho dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberian-Mu."


Selain doa meminta agar hati tenang tersebut, terdapat juga bacaan doa yang juga berfungsi untuk memohon ketenangan hati agar tidak menjadi malas dan tidak gelisah dari hal hal seperti hutang atau ancaman orang lain. Berikut bacaan doa selengkapnya.

Doa Agar Hati Tenang

Lafadz Arab

الّلهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُبِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَاْلعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ

Teks latin

"Allahumma innii au'dzuubika minalhammi walkhazani, wal a'jzi, walkasali, walbukhli waljubni, wadola'iddaini, wagholabatirrijaali"

Artinya :
"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari (hal yang) menyedihkan dan menyusahkan, lemah dan malas, bakhil dan penakut, lilitan hutang dan penindasan orang."


Nah, itu tadi info mengenai bacaan doa agar hati tenang dan tidak gelisah serta galau. Doa doa tersebut dibaca untuk menghilangkan rasa gelisah dan resah dari hati dan pikiran kita. Selain doa di atas, kita juga dianjurkan melakukan beberapa hal lain untuk membuat hati tenang, seperti melakukan shalat tahajud, memperbanyak istighfar, membaca surat Yasin atau mengambil air wudhu. Sekian info kali ini, semoga bisa bermanfaat.