Urutan Nama Bulan Hijriyah dalam Kalender Islam


Tags

Kalender Hijriyah merupakan sistem kalender penanggalan yang digunakan oleh umat Islam di seluruh dunia. Kalender hijriyah atau kalender Islam berfungsi untuk menentukan tanggal dan bulan hari-hari penting dan ibadah umat Islam. Penamaan hijriyah dipilih karena awal penggunaan sistem kalender ini dimulai saat Nabi Muhammad hijrah dari Mekkah ke Madinah. Maka sistem kalender Islam dinamai kalender hijriyah. Tahun 1 hijriyah bertepatan dengan tahun 622 masehi pada sistem kalender Masehi.

Sistem penanggalan Islam ini digunakan dengan menggunakan peredaran bulan sebagai patokan utama. Hal ini tentu berbeda dengan kalender Masehi yang menggunakan peredaran matahari untuk melakukan sistem penanggalan. Berbeda dengan kalender Masehi dimana hari dimulai saat tengah malam pukul 00.00, sistem kalender hijriyah dimulai saat terbenamnya matahari.

Urutan Nama Bulan Hijriyah dalam Kalender Islam

Terdapat 12 bulan yang ada di kalender hijriyah, sama jumlahnya dengan yang ada pada kalender Masehi. Total dalam satu tahun terdapat 354 atau 355 hari dalam kalender hijriyah, 11 hari lebih pendek dibandingkan dengan kalender Masehi. Berikut ini merupakan urutan nama bulan Islam dalam sistem kalender hijriyah selengkapnya.

Urutan Nama Bulan Hijriyah

1. Muharram
2. Safar
3. Rabi'ul Awal
4. Rabi'ul Akhir
5. Jumadil Awal
6. Jumadil Akhir
7. Rajab
8. Sya'ban
9. Ramadhan
10. Syawal
11. Dzulkaidah
12. Dzulhijjah

Nama Hari Hari Kalender Hijriyah

1. Al-Ahad (Minggu)
2. Al-Itsnayn (Senin)
3. Ats-Tsalaatsa' (Selasa)
4. Al-Arbaa'a (Rabu)
5. Al-Khamsah (Kamis)
6. Al-Jumu'ah (Jum'at)
7. Al-Sabt (Sabtu)


Nah, itu info daftar nama nama bulan dalam kalender Islam, mulai dari bulan Muharram hingga bulan Dzulhijjah. Dalam kalender hijriyah juga terdapat bulan Ramadhan, yang merupakan bulan suci dalam Islam karena di bulan tersebut muslim diwajibkan menjalankan ibadah puasa. Sekian info Islam terbaru kali ini.