Kumpulan Hadits Tentang Sahabat Lengkap

Tags

Kali ini akan diulas kumpulan hadits tentang sahabat lengkap dalam bahasa arab dan artinya. Dalam ajaran islam, memilih teman atau sahabat sangatlah penting, maka dari itu hendaknya kita melihat dalil dalil baik ayat suci Al-Quran maupun hadist persahabatan yang bisa menjadi panduan bagi kita untuk memilih teman sejati yang baik dunia dan akhiratnya.

Sahabat adalah sosok yang sangat berarti dalam kehidupan kita. Dalam kehidupan sehari-hari, tentu tiap orang memiliki teman masing-masing. Teman pun berfungsi sebagai pelengkap kehidupan kita selain keluarga. Teman atau sahabat selalu ada saat kita membutuhkan bantuan dan pertolongan. Memiliki teman yang baik dan setia merupakan salah satu anugerah bagi kita.

Dalam agama Islam, pertemanan juga banyak dibahas dalam Al-Qur'an dan hadits. Nabi Muhammad SAW memiliki sahabat sahabat yang beriman seperti Abu Bakar, Umar bin Khattab atau pun Ali bin Abi Talib. Para sahabat sahabat Nabi ini juga memiliki peran penting dalam membantu perjuanagan Rasulullah SAW dalam menegakkan ajaran agama Islam di masanya.

Dalam memilih sahabat kita juga harus mempertimbangkan beberapa aspek. Pilihlah sahabat yang seiman atau yang sama-sama beragama Islam, karena dengan berteman dengan orang-orang yang beriman, maka bisa saling suport dalam hal amal ibadah. 

Hal hal yang berkaitan dengan persahabatan juga beberapa kali disebut dalam hadits Rasulullah SAW. Dalam hadits tentang sahabat dijelaskan bagaimana sahabat yang baik, cara memilih teman bergaul dan lain sebagainya.

Berikut ini daftar kumpulan hadits tentang sahabat dan pertemanan lengkap dalam bahasa arab dan terjemahan Indonesianya. Semua dalil hadist dibawah ini berhubungan tentang pertemanan dan persahabatan sehingga mdah bagi kita dalam bergaul yang benar sesuai ajaran Nabi Muhammad SAW.

kumpulan hadits tentang sahabat

Hadits Tentang Persahabatan/Pertemanan

"Seorang Muslim adalah saudara muslim lainnya, ia tidak menzaliminya, merendahkannya, menyerahkan (kepada musuh) dan tidak menghinakannya." (HR Muslim)

"Sebaik baik sahabat di sisi Allah ialah orang yang terbaik terhadap temannya dan sebaik baik jiran di sisi Allah ialah orang yang terbaik terhadap jirannya." (HR Al-Hakim)

"Di sekitar Arsy-Nya ada menara-menara dari cahaya, di dalamnya ada orang-orang yang pakaiannya dari cahaya, wajah-wajah mereka pun bercahaya. Mereka bukan para nabi dan syuhada, hingga para nabi dan syuhada pun iri kepada mereka.” Ketika para sahabat bertanya, Rasulullah menjawab, 'Mereka adalah orang-orang yang saling mencintai karena Allah, saling bersahabat karena Allah, dan saling berkunjung karena Allah." (HR. Tirmidzi)

Dari Mu’adz bin Jabal berkata, “Aku mendengar Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam bersabda, Allah Ta’ala berfirman, “Wajib untuk mendapatkan kecintaan-Ku orang-orang yang saling mencintai karena Aku dan yang saling berkunjung karena Aku dan yang saling berkorban karena Aku.” (HR. Ahmad).

“Seseorang itu adalah mengikut agama temannya, oleh itu hendaklah seseorang itu meneliti siapa yang menjadi temannya.” (Hadis riwayat Abu Daud).

Telah bersabda Rasulullah SAW sebagaimana yg diriwayatkn oleh Al-Tirmizi yang bermaksud, "seseorang itu akan terpengaruh dengan temannya. Maka hendaklah sesorang kamu itu memilih siapa yang harus dijadikan teman."

Hadis al-Bukhari dari Abu Musa al-Asy'ari, bermaksud: “Diumpamakan rekan yang soleh dan rekan yang jahat ialah seperti (berkawan) dengan penjual minyak wangi dan tukang besi. Penjual minyak wangi tidak akan mensia-siakan anda, sama ada anda membelinya atau hanya mendapat bau harumannya. Tukang besi pula boleh menyebabkan rumah anda atau baju anda terbakar, atau mendapat bau busuk.”

"Teman yang paling baik adalah apabila kamu melihat wajahnya, kamu teringat akan Allah, mendengar kata-katanya menambahkan ilmu agama, melihat gerak-gerinya teringat mati. Sebaik-baik sahabat di sisi Allah ialah orang yang terbaik terhadap temannya dan sebaik-baik tetangga di sisi Allah ialah orang yang terbaik terhadap tetangganya.” (HR. Hakim)"

"Seseorang itu tergantung pada agama sahabatnya, maka perhatikanlah salah seorang dari kamu kepada siapa dia bersahabat." (HR Abu Daud)

Dari Abu Hurairah, dari Rasulullah Shallallahu`alaihi wasallam, beliau bersabda:"Sesunguhnya kelak di Hari Kiamat Allah akan berfirman, 'Di mana orang-orang yang saling mencintai karena keagungan-Ku? Pada hari ini Aku akan memberikan naungan kepadanya dalam naungan-Ku disaat tidak ada naungan kecuali naungan-Ku'" (HR Muslim)

Dari Nu’man bin Basyir r.a., Rasulullah SAW bersabda, "Perumpamaan persaudaraan kaum muslimin dalam cinta dan kasih sayang di antara mereka adalah seumpama satu tubuh. Apabila satu anggota tubuh sakit maka mengakibatkan seluruh tubuh menjadi demam dan tidak bisa tidur." (HR Muslim)

Sesungguhnya ada seseorang yang mengunjungi saudaranya di kota lain. Kemudian Allah memerintahkan malaikat untuk mengikutinya. Ketika malaikat sampai kepadanya, ia berkata, "Hendak ke mana engkau?" Orang itu berkata, "Aku akan mengunjungi saudaraku di kota ini." Malaikat berkata, "Apakah ada hartamu yang dikelola olehnya?" Ia berkata, "Tidak ada, hanya saja aku mencintainya karena Allah." Malaikat itu kemudian berkata, "Sesunggunya aku adalah utusan Allah kepadamu. Aku diperintahkan untuk mengatakan bahwa Allah sungguh telah mencintaimu sebagaimana engkau telah mencintai saudaramu itu karena Allah." (HR. Musli)

"Apabila dua orang laki-laki saling mencintai dan mengasihi di jalan Allah, yang satu berada di timur, sedangkan yang satu lagi berada di barat, maka Allah SWT akan mengumpulkan keduanya di hari kiamat dan berkata, “Inilah orang yang telah engkau cintai di jalan-Ku." (HR Ibnu Asakir dari Ibnu Abbas)

Nah, itulah kumpulan hadits tentang sahabat lengkap bahasa arab dan artinya. Semoga hadist persahabatan/pertemanan diatas bisa bermanfaat. Sebagai seorang muslim, kita memang dianjurkan untuk memilih teman saudara sesama muslim yang beriman. Wallahu a'lam.