Bacaan Surat Al-Humazah Arab Latin dan Artinya


Tags

Surat Al-Humazah adalah surat dalam Al-Qur'an yang merupakan surat urutan nomor 104. Surat Al-Humazah ini terdiri dari 9 ayat dan berada di juz 30 dalam kitab Al-Qur'an. Surat ini tergolong dalam kategori surat Makkiyah, yang berarti surat ini diturunkan di kota Mekkah. Kata Al-Humazah yang menjadi nama surat diambil dari akhir ayat pertama surat ini, yang memiliki arti pengumpat.

Isi pokok kandungan dari surah Al-Humazah ini berisi tentang ancaman Allah SWT terhadap orang-orang yang suka mencela orang lain dan suka mengumpat. Selain itu ancaman Allah SWT juga ditujukan pada orang orang yang suka mengumpulkan banyak harta, namun tidak mau menggunakan harta-hartanya tersebut di jalan Allah SWT.


Bacaan Surat Al-Humazah Arab Latin dan Artinya

Berikut akan kami tampilkan bacaan surat Al-Humaza selengkapnya, mulai dari versi lafadz tulisan Arab, teks tulisan latin serta arti dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia yang berfungsi untuk lebih memahami makna dan juga isi kandungan pokok dari tiap ayat-ayat surah Al Humazah ini.

Surat Al-Humazah Teks Arab


وَيْلٌ لِّكُلِّ هُمَزَةٍ لُّمَزَةٍ ﴿١﴾ الَّذِي جَمَعَ مَالًا وَعَدَّدَهُ ﴿٢﴾ يَحْسَبُ أَنَّ مَالَهُ أَخْلَدَهُ ﴿٣﴾ كَلَّا ۖ لَيُنبَذَنَّ فِي الْحُطَمَةِ ﴿٤﴾ وَمَا أَدْرَاكَ مَا الْحُطَمَةُ ﴿٥﴾ نَارُ اللَّـهِ الْمُوقَدَةُ ﴿٦﴾ الَّتِي تَطَّلِعُ عَلَى الْأَفْئِدَةِ ﴿٧﴾ إِنَّهَا عَلَيْهِم مُّؤْصَدَةٌ ﴿٨﴾ فِي عَمَدٍ مُّمَدَّدَةٍ ﴿٩

Tulisan Latin Surat Al-Humazah


1. Wailul likulli humazatil lumazah. 
2. Al Ladzii jama’a maalaw wa’ad dadah. 
3. Yahsabu anna maalahu akhladah. 
4. Kallaa layunbadzanna fil huthamah. 
5. Wa maa adraaka mal huthamah. 
6. Naarullaahil muuqadah. 
7. Al latii taththali’u alal af-idah. 
8. Innahaa ‘alaihim mu’shadah. 
9. Fii ‘amadin mumaddadah 

Arti Terjemahan Surat Al-Humazah


1. Celakalah setiap pengumpat yang mencela,
2. yang mengumpulkan serta mempersalahkan,
3. orang itu menganggap hal tersebut mengekalkan dirinya,
4. tidak demikian! sesungguhnya orang itu pasti akan dimasukkan ke dalam Huthamah,
5. maka tahukah kamu apa itu Huthamah?
6. Api Allah yang bergejolak,
7. seraya membakar hingga ke dalam nurani,
8. sungguh itulah naungan orang-orang itu,
9. dalam terali yang membentang.


Nah, itu tadi bacaan surat Al Humazah lengkap beserta teks Arab, tulisan latin, arti terjemahan dalam bahasa Indonesia serta makna dan kandungan pokok surat. Sekian info bacaan surat Al-Quran kali ini. Semoga informasi bacaan surat bisa bisa menjadi referensi bagi para pembaca sekalian.