Bacaan Doa Nabi Hud pada Surat Hud Ayat 56

Tags

Doa merupakan bentuk permohonan seorang makhluk pada Allah SWT. Sebagai muslim, tiap hari kita tentu tidak bisa lepas dengan kegiatan doa. Pada semua aktivitas sehari-hari, kita dianjurkan untuk berdoa, contohnya doa sebelum makan, doa bepergian, doa meminta rezeki atau doa setelah shalat. Ucapan doa pun berbeda-beda tergantung maksud dan tujuan kita namun pada intinya sama, yaitu meminta bantuan Allah pada masalah yang kita miliki.

Adakalanya dalam mengucapkan doa kita mencontoh pada para nabi terdahulu. Nabi merupakan manusia terpilih utusan Allah di dunia yang diutus untuk suatu kaum tertentu. Tak ada salahnya untuk mencontoh bacaan doa dari para nabi-nabi yang sudah teruji kualitas imannya. Kali ini akan dibahas mengenai bacaan doa Nabi Hud.

Nabi Hud merupakan nabi kedua dalam urutan 25 nama nabi yang wajib diimani. Nabi Hud AS diutus oleh Allah kepada kaum 'Ad. Nabi Hud diutus untuk menyeru kaum 'Ad agar beriman dan menyembah Allah. Namun kaum 'Ad menolak dan tidak mau beriman. Karena itu kemudian Nabi Hud mengucapkan doa berikut pada Allah seperti yang ada pada surat Hud ayat 56.

Bacaan Doa Nabi Hud pada Surat Hud Ayat 56

Bacaan Doa Nabi Hud


إِنِّي تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ رَبِّي وَرَبِّكُمْ ۚ مَا مِنْ دَابَّةٍ إِلَّا هُوَ آخِذٌ بِنَاصِيَتِهَا ۚ إِنَّ رَبِّي عَلَىٰ صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ

Artinya :
"Sesungguhnya aku bertawakkal kepada Allah Tuhanku dan Tuhanmu. Tidak ada suatu binatang melatapun melainkan Dialah yang memegang ubun-ubunnya. Sesungguhnya Tuhanku di atas jalan yang lurus". (QS Hud : 56)


Doa Nabi Hud AS tersebut ada pada Al-Qur'an, tepatnya pada surat ke-11, surat Hud ayat 56. Nabi Hud diutus untuk menyeru kaum 'Ad agar menyembah Allah, namun kaum 'Ad tetap ingkar dan enggan melakukannya. Hingga perjuangan yang terus dilakukan oleh Nabi Hud, kaum 'Ad tetap menolak hingga Nabi Hud yang merasa terzholimi mengucapkan doa tersebut yang berisi tentang kebesaran Allah terhadap makhluk ciptaan-Nya.

Tidak ada satu pun makhluk bernyawa termasuk manusia yang ada di dunia ini kecuali karena izin Allah SWT. Semua makhluk yang ada merupakan ciptaan Allah SWT. Tidak akan mungkin bagi seseorang yang ingin mencelakakan orang lain jika Allah tidak menghendakinya. Disebutkan dalam ayat dan doa tersebut bahwa Allah memegang ubun-ubun yang berarti Allah memegang kuasa pada tiap makhluk-Nya. Allah merupakan Tuhan yang adil dan benar.


EmoticonEmoticon