Kumpulan Hadits Tentang Menggunakan Tangan Kanan

Tags

Islam menjadi agama yang mengatur segala sesuatu dalam kehidupan. Penggunaan tangan yang benar juga diatur dalam Islam. Seperti diketahui bahwa manusia dianugerahi dua tangan, yaitu tangan kanan dan tangan kiri. Sebagai seorang muslim, tentu kita harus mengikuti syariat Islam dan sunnah sunnah dalam Islam. Nabi Muhammad SAW selalu mendahulukan tangan kanan dalam bekerja dan memulai aktivitas lain dibandingkan dengan tangan kiri.

Beberapa aktivitas yang disunnahkan untuk menggunakan tangan kanan antara lain adalah saat makan, minum, wudhu atau bersuci. Hendaknya sebagai seorang muslim kita membiasakan untuk menggunakan tangan kanan terlebih dahulu. Kita juga harus mendidik anak-anak kita untuk mengutamakan tangan kanan dibandingkan dengan tangan kiri.

(baca juga hadits tentang makan dan minum)

Untuk itu akan kami tampilkan sejumlah hadits Rasulullah SAW yang membahas mengenai penggunaan tangan kanan dalam beberapa kegiatan yang dianjurkan dalam Islam. Berikut kumpulan hadits Nabi tentang penggunaan tangan kanan yang disunnahkan.

Kumpulan Hadits Tentang Menggunakan Tangan Kanan

Hadits Nabi Tentang Tangan Kanan


Dari Ibu 'Umar ra. bahwasanya Rasulullah saw bersabda:

لاَيَأكُلُ أَحَدُكُمْ بِشِمَالِهِ وِلاَ يَشْرَبَنَّ بِهَا٬ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَأكُلُ بِشِمَالِهِ وَيَشْرَبُ بِهَا٠

"Janganlah seseorang di antara kalian makan/minum dengan tangan kirinya. Sebab setan makan dan minum dengan tangan kirinya" (HR. Muslim, Abu Daud, Turmudzi, Malik)


Dari Aisyah Radhiallahu anha :

إِنَّ رَسُوْلُ اﷲِ ص٠م كَانَ يُحِبُّ التَّيَامُنَ فِي طُهُوْرِه٠ 

"Adalah Nabi SAW, suka mendahulukan sebelah kanan dalam bersuci."


Dari Aisyah radhiallahu anha dia berkata:

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُعْجِبُهُ التَّيَمُّنُ فِي تَنَعُّلِهِ وَتَرَجُّلِهِ وَطُهُورِهِ وَفِي شَأْنِهِ كُلِّهِ

"Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam suka memulai dari sebelah kanan saat mengenakan sandal, menyisir rambut, bersuci dan dalam seluruh aktifitas beliau." (HR. Al-Bukhari & Muslim)


Dari Abdullah bin ‘Umar Radhiallahu anhuma bahwa Rasulullah SAW bersabda:

إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَأْكُلْ بِيَمِينِهِ وَإِذَا شَرِبَ فَلْيَشْرَبْ بِيَمِينِهِ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَأْكُلُ بِشِمَالِهِ وَيَشْرَبُ بِشِمَالِهِ

"Jika seseorang di antara kalian makan, maka hendaknya dia makan dengan tangan kanannya. Jika dia minum maka hendaknya juga minum dengan tangan kanannya. Karena setan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya pula." (HR. Muslim)


Nah, kumpulan hadits di atas merupakan hadits hadits Nabi tentang penggunaan tangan kanan yang lebih diutamakan dibandingkan dengan tangan kiri. Tentu saja sebagai seorang muslim kita harus mengamalkan sunnah Nabi tersebut. Meski terkesan sepele, mengutamakan tangan kanan dalam makan dan bersuci merupakan ciri dari seorang muslim. Sekian info hadits Nabi SAW.


EmoticonEmoticon