Perkembangan Komunitas Agama Islam di Kanada

Tags

Perkembangan agama Islam di negara negara non-muslim kian berkembang pesat, termasuk di negara Kanada. Kanada merupakan negara di Amerika Utara, dimana mayoritas penduduknya beragama Kristen dengan persentase 67%. Meski begitu juga terdapat banyak muslim yang menetap di Kanada. Persentase muslim di Kanada mencapai 3%, tertinggi ketiga setelah Kristen dan ateis. Memang pemerintah Kanada menjamin kebebasan beragama.

Sebagian besar pemeluk muslim di Kanada lahir di luar negeri, artinya bukan penduduk asli Kanada karena sebagian muslim di Kanada dulunya adalah imigran dari negara lain. Namun dalam beberapa tahun terakhir terjadi peningkatan jumlah penduduk yang beragama Islam yang ada di negara Kanada.

Perkembangan Komunitas Agama Islam di Kanada

Islam di Kanada


Kini sebagian besar muslim yang ada lahir di Kanada. Berdasarkan survei terbaru, Islam pun menjadi komunitas agama yang paling cepat berkembang di Kanada. Dalam 1 dekade terjadi peningkatan jumlah muslim sebesar 82% di Kanada. Total terdapat lebih dari 1 juta muslim yang ada di Kanada.
Muslim di Kanada pun sudah bisa berbaur dengan warga Kanada lain tanpa menghilangkan jati diri mereka sebagai seorang muslim.

Sejarah Islam di Kanada memang sudah ada bahkan sejak sebelum konfederasi. Agama Islam masuk ke Kanada lewat imigran. Tercatat bahwa muslim pertama yang lahir di kota Ontario, Kanada ada pada tahun 1854, sementara keberadaan masjid pertama bernama Al-Rashid baru dibangun pada tahun 1938. Masjid tersebut pun dianggap sebaagai salah satu bangunan bersejarah.

Kini hampir di tiap wilayah terdapat suatu komunitas muslim khusus, yang terbesar ada di kota Toronto dengan jumlah masjid lebih dari 20 masjid. Tiap komunitas terdapat event untuk mengaji dan belajar huruf hijaiyah. Di masjid-masjid di kota besar, selalu dipenuhi oleh jamaah terutama saat waktu shalat Jumat hingga terkadang membuat macet jalan karena banyaknya jamaah yang parkir di depan masjid.

Terdapat pula banyak organisasi resmi tentang Islam yang ada di Kanada. Sejumlah organisasi Islam terkenal di Kanada yang teah berdiri antara lain adalah Canadian Islamic Center (CIC), Muslim Association of Canada (MAC) Muslim Canadian Congress (MCC) serta Islamic Circle of North America (ICNA). Adanya organisasi ini berperan untuk menjadi wadah bagi muslim serta memberi pelatihan, mengatur jadwal waktu shalat fardhu dan menyeleggarakan event-event Islami lainnya.

Kebebasan beragama yang dijamin oleh konstitusi membuat muslim di Kanada bisa hidup tanpa diskriminasi. Hal-hal yang berkaitan dengan Islam seperti pakaian, hijab, ibadah dan lain-lain diperbolehkan dan kini, muslim Kanada hidup berdampingan dengan warga Kanada lainnya.