Jackie Ying, Profesor MIT Termuda yang Beragama Islam

Tags

Jackie Ying merupakan seorang wanita asal Taiwan yang lahir pada tahun 1966. Nama lengkapnya adalah Jackie Yi-Ru Ying. Ia merupakan seorang peneliti di bidang nanoteknologi. Ying juga merupakan seorang direktur eksekutif di Institute of Bioengineering and Nanotechnology di Singapura. Ying merupakan seorang muallaf yang memutuskan untuk memeluk Islam. Ia termasuk salah satu profesor muslim dunia yang terkenal dan berpengaruh di dunia.

Meski lahir di Taiwan, namun Ying pindah di Singapura saat usianya masih 7 tahun dan besar di sana. Ayahnya merupakan seorang dosen Sastra Cina di Nanyang University. Ying kemudian menjadi siswa di Raffles Girls' School. Ia kemudian mendapat gelar B.Eng setelah lulus dari Cooper Union di tahun 1987. Ying kemudian mendapat gelar MA di tahun 1988 dan PhD di tahun 1991 bidang teknik kimia di Princeton University. Ia kemudian mulai melakukan penelitian pada nanocrystalline materials.

Jackie Ying, Profesor MIT Termuda yang Beragama Islam

Pada tahun 1992, Jackie Ying kemudian mendapat gelar profesor di Jurusan Teknik Kimia di perguruan tinggi bergengsi dunia, Massachussetts Institute of Technology (MIT) yang berlokasi di Cambridge, Massachussetts Amerika Serikat. Ia resmi menjadi full professor di tahun 2001. Ying pun menjadi salah satu profesor MIT termuda saat usianya masih 35 tahun. Ying kini menjabat sebagai direktur eksekutif Institute of Bioengineering and Nanotechnology dan terpilih dalam Singapore Women's Hall of Fame di tahun 2014.

Sejak kecil Ying memang menekuni ilmu pengetahuan terutama di bidang kimia. Awalnya ia merupakan seorang yang tidak percaya dengan adanya Sang Pencipta. Namun Ying kemudian mulai mengenal agama lewat temannya di Raffles Girls' School. Ia mulai mempelajari agama Islam di usia 30 tahun. Ying pun menyimpulkan bahwa agama Islam merupakan agama yang masuk akal, hingga ia memutuskan untuk menjadi seorang muslimah. Kini Ying percaya akan adanya sifat wajib Allah sebagai Sang Pencipta.

Setelah menjadi mualaf dan memeluk agama Islam, profesor Ying aktif berdakwah di Yayasan Mandaki, sebuah yayasan untuk mengembangkan sumber daya komunitas muslim melayu di Singapura. Ia pun banyak berbagi pengalaman tentang prestasinya dan perubahan drastisnya menjadi seorang muslim.

Profesor Jackie Ying juga telah melaksanakan umrah dan kini mulai mengenakan hijab. Ying pun menjadi profesor muslim berpengaruh bahkan menjadi salah satu dari 500 muslim paling berpengaruh versi Kerajaan Yordania. Ia telah mempublikasi ratusan artikel dan paten atas namanya.