Lala Tulpan, Masjid yang Terletak di Bawah Salju Kutub Utara

Tags

Kutub Utara merupakan daerah yang dipenuhi salju. Daerah Ufa di negara bagian Bashkortostan merupakan salah satu yang dekat dengan Kutub Utara. Perkembangan Islam di kota Ufa pun ternyata berjalan dengan baik, terutama berkat adanya Masjid Tulip. Masjid Tulip ini memiliki nama resmi Lala Tulpan dan menjadi salah satu masjid terbesar di Rusia yang ada di Ufa.

Masjid di Rusia ini memang banyak menarik wisatawan, baik asing maupun lokal. Alasannya karena letak masjid ini yang berada di salju kutub utara. Masjid ini telah dibuka untuk tempat ibadah muslim di daerah Ufa, ibukota dari Bashkortostan atau Bashkurtistan. Masjid ini diberi nama Lala Tulpan karena menara yang unik menyerupai bunga tulip.

Lala Tulpan, Masjid yang Terletak di Bawah Salju Kutub Utara

Lala Tulpan mampu menampun banyak jamaan untuk beribadah, kira-kira kapasitasnya mencapai 1000 orang. Hal ini ditunjang dengan luas area yang sangat besar. Masjid Tulip Rusia ini memang jadi salah satu yang terbesar di Siberia. Selain itu terdapat dua menara kembar yang sangat tinggi. Tinggi dua menara masjid ini tersebut mencapai 53 meter.

Masjid Tulip ini pertama dibangun pada tahun 1990. Masjid ini kemudian diresmikan pada tahun 1998 lalu dan lansgung menarik perhatian masyarakat Ufa. Arsitekturnya sangat bagus dan menarik yang didesain secara modern oleh arstiek Wakil Davlyatshin.

Data Masjid Tulip, Rusia


Nama : Lala Tulpan (Masjid Tulip)
Lokasi : Ufa, Bashkortostan
Negara : Rusia
Mulai dibangun: 1990
Diresmikan : 1998
Arsitek : Wakil Davlyatshin
Total kapasitas : 1000 orang

Adanya Masjid Lala Tulpan membuat banyak turis yang datang ke kota Ufa baik turis asing maupun turis lokal. Tentu merupakan hal yang unik dan menarik untuk bisa melihat masjid yang ada di daerah bersalju. Hal ini sangat jarang dijumpai di kawasan bersalju lain. Apalagi arsitektur masjid ini memang begitu indah dengan bentuk menara yang khas menyerupai bunga tulip. Selain sebagai tempat ibadah, masjid ini sering jadi tempat berkumpul, diskusi dan memperdalam ilmu agama Islam bagi warga muslim di sekitar kota Ufa.