Masjid Nurd Kamal, Masjid Paling Utara di Dunia

Tags

Semenjak negara Uni Soviet bubar, banyak masjid yang berdiri di Rusia. Perkembangan agama Islam di Rusia memang berkembang dengan cukup pesat. Salah satu wilayah dengan perkembangan Islam di Rusia ada di Norilsk, Krasnoyarsk Krai dimana tercatat sekitar 40 ribu muslim ada di situ. Norilsk merupakan kota terbesar ketiga di kawasan Siberia dengan iklim yang begitu dingin. Kota ini pun termasuk dalam lingkaran Arktika.

Di Norilsk, terdapat Masjid Nurd Kamal. Masjid ini menjadi salah satu pusat perkembangan Islam di kota Norilsk atau bagian Rusia utara. Keberadaan masjid ini pun cukup penting sebagai masjid terbesar di kota Norilsk yang merupakan salah satu kota industri terkenal di Rusia. Keunikan lain dari masjid ini adalah letaknya karena masjid ini merupakan masjid paling utara di dunia.

Ya, letak geografis dari Masjid Nord Kamal memang berada di ujung utara belahan dunia. Catatan ini pun termasuk dalam rekor Guinness Book of World Records sebagai masjid paling utara yang ada di Bumi ini. Hal ini yang membuat Nurd Kamal Mosque menjadi salah satu masjid yang cukup terkenal di Rusia dan Eropa.

Masjid Nurd Kamal, Masjid Paling Utara di Dunia

Dalam sejarahnya, masjid ini pertama berdiri sejak tahun 1998. Masjid ini digagas oleh Mukhtar Bekmeyev, seorang dari suku Tatar. Ia merasa bahwa kota Norilsk butuh sebuah masjid untuk dijadikan komunitas muslim di kota tersebut. Untuk itu, Bekmeyev menggagas pembangunan masjid yang besar.

Nama masjid ini dinamai berdasarkan ayah Mukhtar Bekmeyev. Nurd Kamal didesain oleh arsitek lokal, Yusuf Muire dan sebagian besar didanai oleh pebisnis asal Inggris Stephen Trantham. Nurd Kamal baru mulai dibuka untuk ibadah pada tahun 1998. Arsitektur dari masjid ini mengikuti corak bangunan khas Turki dengan kubah utama yang megah berwarna kuning.

Data Masjid Nurd Kamal


Nama : Nord Kamal
Lokasi : Norilsk, Krasnoyarsk Krai
Negara : Rusia
Didirikan : 1998
Arsitek : Yusuf Muire
Pendiri : Mukhtar Bekmeyev


Masjid ini pun sudah didesain agar bertahan di kawasan bersalju. Terdapat tiga lantai di Masjid Noorda Kamal ini. Masjid ini pun jadi salah satu masjid terindah dan terbesar, bukan hanya di kota Norilsk saja, namun juga di negara Rusia secara keseluruhan. Sekian info khazanah Islam dunia kali ini.