Berkunjung ke Museum Islam di Melbourne, Australia

Tags

Australia memang bukan negara mayoritas Islam, namun banyak ditemukan hal hal berkaitan dengan Islam di negeri Kangguru tersebut. Salah satunya bisa dilihat pada adanya Islamic Museum of Australia yang merupakan museum Islam pertama dan terbesar di Australia. Letaknya berada di Kota Melbourne, lebih tepatnya berada di 15A Anderson Road, Thornbury VIC 3071, Melbourne, Victoria, Australia. Untuk menjangkau tempat ini, hanya perlu waktu setengah jam dari pusat kota Melbourne.

Museum bertemakan Islam ini menjadi salah satu yang paling besar. Total luas area dari islamic Museum of Australia adalah 3000 meter persegi. Museum ini dibangun sejak tahun 2010 dan baru selesai pada tahun 2014 llu. Sejak didirikan di tahun 2014, museum ini banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupun asing.

Berkunjung ke Museum Islam di Melbourne, Australia

Tujuan didirikannya museum Islam ini adalah untuk mengenalkan wajah Islam seutuhnya kepada warga Australia. Hal ini bisa dilihat bahwa kebanyakan pengunjung yang datang justru berasal dari kalangan non-muslim. Warga Australia non-muslim yang datang kebanyakan ingin mengetahui mengenai gambaran utuh tentang agama Islam yang bisa dilihat di museum ini.

Biasanya warga lokal Australia hanya mengetahu Islam lewat media dimana kebanyakan berita tentang Islam di Australia pasti bersifat negatif. Padahal hal hal negatif tentang terorisme atau aksi ekstrem lain tidak ada sangkut pautnya dengan Islam.

Di museum ini, warga akan dikenalkan dengan Islam mulai dari pintu masuk, mulai dari pengenalan agama Islam, sejarah islam hingga perkara rukun Islam. Terdapat pula beberapa kutipan ayat Al-Qur'an. Selain itu juga dikenalkan tokoh-tokoh terkenal Islam, mulai dari ilmuwan hingga cendekiawan muslim.

Terdapat juga hasil karya seni Islami dengan kreasi yang bagus. Ada juga pameran tentang arsitektur dengan corak Islam yang diwujudkan pada masjid-masjid megah di seluruh dunia. Terakhir juga terdapat sejarah peradaban Islam di Australia hingga sekarang.

Data Islamic Museum of Australia


Lokasi : 15A Anderson Road, Thornbury VIC 3071, Australia
Kota : Melbourne, Victoria, Australia
Tahun berdiri : 2014
Hari buka : Selasa - Sabtu
Jam buka : 10 pagi - 4 sore