Jejak Sejarah Islam di Daerah Sisilia, Italia

Tags

Di mayoritas negara benua Eropa, agam Islam merupakan agama minoritas. Di Italia, tentu Islam bukan agama mayoritas. Apalagi Italia dikenal sebagai salah satu pusat agama Kristen dunia, terutama di Vatican City. Namun bukan berarti tidak ada penganut Islam di Italia. Salah satu wilayah dengan penganut Islam terbesar di Italia adalah Sisilia.

Sisilia merupakan sebuah daerah otonomi Italia. Pulau terbesarnya berada di Laut Tengah. Luas wilayah Sisilia mencapai 25 ribu km persegi. Jumlah penduduk di Sisilia mencapai hampir 5 juta jiwa. Terdapat banyak kota penting di wilayah Sisilia. Beberapa kota di Sisilia adalah Catania, Messina, Trapani, Ragusa, Marsala, Siracusa, Enna dan ibukota Palermo.

Jejak Sejarah Islam di Daerah Sisilia, Italia

Jejak sejarah Islam di Sisilia memang begitu terasa dibanding di daerah lain di negeri pizza ini. Umat muslim lokal banyak membuat bangunan dan infrastruktur indah di kota-kota yang ada di Sisilia. Yang paling terkenal tentu berada di Palermo yang oleh kaum muslim dinamakan Al-Banurmu atau Al-Madina.

Palermo memang memiliki keindahan bangunan yang mengagumkan. Di sana juga banyak ditemui masjid di tiap sudut kota. Masjid-masjid yang ada di Palermo banyak digunakan sebagai madrasah dan tempat mencari ilmu bagi muslim sekitar. Fungsi masjid juga semacam menjadi tempat berkumpul muslim di Palermo.

Sejarah keberadaan muslim di Italia memang sudah ada sejak dulu. Tepatnya pada awal ke-11, dimana populasi muslim di Palermo hampir mencapai 50% total penduduk. Banyaknya komunitas Arab yang tinggal di Palermo membuat muslim cepat berkembang di ujung Selatan negara Italia ini.

Pergantian kekuasaan di Italia juga berdampak pada muslim Sisilia. Masjid-masjid sempat dihancurkan karena kekhawatiran muslim yang terus berkembang. Muslim di Italia kembali menyebar cepat di tahun 1950-an. Banyaknya imigran yang datang ke Italia menjadi penyebab munculnya kembali Islam di Italia.

Para imigran yang datang juga banyak yang mendapat kewarganegaraan Italia. Kini, agama Islam pun menjadi agama terbesar kedua di Italia. Tentu mayoritas berada di daerah Sisilia yang dikenal sebagai salah satu kota di Eropa dengan budaya dan peradaban Islam yang kental.


EmoticonEmoticon