Doa dalam Perjalanan Jauh Agar Selamat Sampai Tujuan

Tags

Doa Dalam Perjalanan - Jika kita sedang pergi jauh keluar kota misalnya, maka kita harus meningkatkan kewaspadaan saat berada di jalan. Harapan kita tentu bisa pergi dan pulang ke rumah dengan selamat dan lancar tanpa ada bahaya yang datang menggangu. Dan solusi untuk itu semua adalah dengan mengamalkan doa safar yaitu doa yang dibaca ketika dalam perjalanan baik jauh maupun dekat.

Dengan berdoa kepada Allah SWT, maka perjalanan kita akan selalu dalam naungan dan lindungan Allah SWT. Ada beberapa doa yang diajarkan dalam islam untuk dibaca khusus bagi orang yang bepergian atau musafir. Doanya tidaklah panjang dan sangat dianjurkan untuk dibaca, selain itu jangan putus untuk berdzikir dan bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW selama dalam perjalanan agar kebaikan mendatangi dan keburukan pun menjauh.

Doa safar ini hakikatnya adalah doa yang bisa dibaca oleh siapa saja yang hendak pergi keluar rumah atau meninggalkan kampung halaman baik jaraknya jauh ataupun dekat sekalipun. Saat anda naik kendaraan dan jalan kaki juga dianjurkan membacanya. Jadi tidak ada bedanya, selama anda sedang pergi misalkan untuk mudik dan lain sebagainya, maka amalkan doa ini, insyaallah diberi keselamatan selama dijalan.

doa dalam perjalanan jauh

Dan langsung saja berikut ini teks bacaan doa dalam perjalanan di ajaran islam lengkap dalam lafadz bahasa arab, tulisan latin dan terjemah indonesianya. Sebelum membaca doa dan pergi dari rumah, disunnahkan juga untuk melakukan shalat safar, kemudian dilanjut dengan bacaan doa dibawah ini.

Doa Saat Hendak Keluar Rumah Untuk Bepergian


بِسْمِ اللهِ آمَنْتُ بِاللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ وَ لاَ حَوْلَ وَ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Artinya : Dengan menyebut nama Allah, aku beriman kepada Allah, aku berserah diri kepada Allah, tidak ada daya dan upaya kecuali dari Allah

Lalu ucapkan doa berikut ini kepada orang yang akan ditigggal pergi, misalnya keluarga atau siapapun penghuni rumah anda. Berikut lafadz doanya : 


أَسْتَوْدِعُكُمُ اللهَ الَّذِيْ لَا تَضِيْعُ وَدَائِعَهُ

Artinya : Aku menitipkan kalian (seisi rumah) kepada Allah yang mana dialah dzat yang tidak menyia-nyiakan barang titipannya.

Doa Dalam Perjalanan (Safar)


 اللهُ أَكْبَرُ, اللهُ أَكْبَرُ, اللهُ أَكْبَرُ, (سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَـهُ مُقْرِنِيْنَ. وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ) الَلَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِي سَفَرِنَا هَذَا البِرَّ وَالتَّقْوَى ،وَمِنَ العَمَلِ مَا تَرْضَى ، الَلَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ، الَلَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ وَالْخَلِيْفَةُ فِيْ الأَهْلِ ، الَلَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوْءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَالأَهْلِ

 Allahuakbar (3x), Subhanalladzii sakhoro lanaa hadza wamaa kunna lahu muqriniin, wa inna ilaa rabbana lamunqalibuun). Allahumma inna nas aluka fii safarinaa hadzal birrow wattaqwa, waminal ‘amali maa tardho. Allahumma hawwan ‘alainaa safaronaa hadza wathwi ‘annaa bu’dah. Allahumma Antashohibu fiissafari wal kholifatu fiil ahli. Allahumma inni a’udzubika min wa’taa issafari wa kaabatil mandzori wa suu ilmunqolabi fiil maali wal ahli.

Artinya : Allah Maha Besar (3X). Maha Suci Rabb yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, sedangkan sebelumnya kami tidak mampu. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Rabb kami (di hari Kiamat). Ya, Allah! Sesungguhnya kami memohon kebaikan dan taqwa dalam perjalanan ini, kami memohon perbuatan yang meridhokanMu. Ya Allah! Permudahlah perjalanan kami ini, dan dekatkanlah jaraknya bagi kami. Ya Allah! Engkau-lah teman dalam bepergian dan yang mengurusu keluarga(ku). Ya Allah! Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan dalam bepergian, pemandangan yang menyedihkan dan perubahan yang jelek dalam harta dan keluarga".

Lalu tambah juga dengan membaca do'a dibawah ini :

بِسْمِ اللهِ طَرِيْقِي, الرَّحْمَنُ رَفِيقِي, الرَّحِيْمُ يَحْرُ سُنِي مِنْ كُلٍّ شَيْءٍ يَلْمِسُنِي, بِسْمِ الله تَوَكَّلْتُ عَلَى الله لَا حَوْلَ وَ لَا قُوَّةَض اِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ العَظِيْمِ

Lalu dilanjut dengan membaca beberapa surat dalam Al-Quran, berikut surat yang dibaca :
  • Ayat kursi - 1x
  • Al-Ikhlas - 3x
  • Al-Falaq - 1x
  • An-Nas 1x
Sekian artikel tentang Doa dalam Perjalanan Jauh Agar Selamat Sampai Tujuan dan diberi kelancaran. Jika doa tersebut kita amalkan dengan membacanya setiap akan bepergian, maka insyaallah kita terhindar dari berbagai macam bahaya dan selalu dalam pertolongan Allah SWT. Amiin.


EmoticonEmoticon