Doa Nabi Adam AS Memohon Taubat dan Ampunan Allah

Tags

Doa Nabi Adam ini bukan sembarang doa, ada kisah sejarah dibaliknya yang membuat doa ini sangat mustajab dan memiliki keutamaan yang besar. Kisahnya berawal saat Nabi Adam berada disurga bersama Siti Hawa yang merupakan pasangannya. Mereka berdua hidup bahagia didalamnya.

Allah SWT memberikan satu larangan kepada Nabi Adam agar jangan sekali kali menyentuh dan memakan buah khuldi. Disinilah iblis mulai beraksi, iblis berusaha merayu dan membujuk Nabi Adam sehingga akhirnya dimakanlah buah tersebut. Dengan kejadian itu Nabi Adam langsung berdoa memohon ampun kepada Allah SWT dengan sebuah doa yang juga diabadikan dalam Al Quran surat Al A'raf ayat ke 23.

Bagaimana bacaan doanya, berikut ini lafadz doa Nabi Adam AS memohon taubat dan ampunan saat di surga dan ketika diturunkanke bumi lengkap dalam tulisan bahasa arab, latin dan terjemahan indonesianya.

Doa Nabi Adam Memohon Ampun

Doa Taubat Nabi Adam Saat di Surga


Berikut ini doa yang dibaca Nabi Adam As saat berada di surga :

رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

Rabbanaa zholamnaa anfusanaa waillam tagfirlanaa watarhamnaa lanakuunanna minal khoosiriin

Artinya : Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi.

Doa Nabi Adam ketika Diturunkan ke Bumi


Akibat memakan buah khuldi, Nabi Adam dan Siti Hawa pun diturunkan ke bumi oleh Allah SWT, akhirnya Nabi Adam bergegas menuju ke ka'bah untuk melakukan tawaf tujuh kali dan sholat 2 rakaat. Lalu beliau berdoa dengan doa berikut ini :

اَللَّهُمَّ إِنَّكَ تَعْلَمُ سِرِّيْ وَعَلاَنِيَتِيْ فَاقْبَلْ مَعْذِرَتِيْ، وَتَعْلَمُ حَاجَتِيْ فَأَعْطَنِيْ سُؤْلِيْ، وَتَعْلَمُ مَا فِيْ نَفْسِيْ فَاغْفِرْلِيْ ذَنْبِيْ، اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ إِيْمَانًا دَائِمًا يُبَاشِرُ قَلْبِيْ، وَأَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا حَتَّى أَعْلَمَ أَنَّهُ لَنْ يُصِيْبَنِيْ إِلاَّ مَا كَتَبْتَهُ عَلَيَّ، وَالرِّضَا بِمَا قَسَمْتَهُ لِيْ يَا ذَا الْجَلاَلِ وَاْلإِكْرَامِ

Artinya : Ya Allah, sungguh Engkau tahu apa yang tersembunyi dan tampak dariku, karena itu terimalah penyesalanku. Engkau tahu kebutuhanku, maka kabulkanlah permintaanku. Engkau tahu apa yang ada dalam diriku, maka ampunilah dosaku. Ya Allah sungguh aku memohon kepada-Mu iman yang menyentuh kalbuku dan keyakinan yang benar sehingga aku tahu bahwa tidak akan menimpaku kecuali telah Engkau tetapkan atasku. Ya Allah berikanlah rasa rela terhadap apa yang Engkau bagi untuk diriku. wahai Yang Maha memiliki keagungan dan kemuliaan.

Dalam kitab Al-Maslakul Qoriib karya Al-Habib Thohir bin Husain bin Thohir terdapat tambahan bacaan seperti berikut ini :

 اَللَّهُمَّ أَطِلْ عُمْرِيْ فِي طَاعَتِكَ وَمَعْرِفَتِكَ وَامْلَأْ قَلْبِيْ مِنَ الْيَقِيْنِ مَا تَهُوْنُ بِهِ مَصَائِبُ الدُّنْيَا وَهَوِّنْ عَلَيَّ سَكْرَةَ الْمَوْتِ وَاخْتِمْ لِيْ بِالْحُسْنَى وَارْزُقْنِيْ مُرَافَقَةَ نَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي اْلآخِرَةِ فِي جَنَّةِ الْخُلْدِ وَنَعِّمْنِيْ بِلَذَّةِ النَّظَرِ إِلَى وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ 

Artinya : Ya Allah, panjangkanlah umurku dalam ketaatan kepada-Mu dan mengenal-Mu, dan penuhilah hatiku dengan keyakinan yang mana dengannya menjadi ringanlah segala musibah dunia , dan ringankanlah atasku sekaratul maut, dan tutuplah usiaku dengan keadaan yang terbaik, dan rezqikanlah aku pertemanan dengan Nabi-Mu Muhammad – semoga Allah selalu melimpahkan salawat dan salam – di akhirat dalam surga khuldi dan berilah aku nikmat dengan memandang ‘wajah’-Mu yang mulia.
 
Sekian tentang bacaan doa Nabi Adam ketika bertaubat dan memohon ampun atas segala dosa dan kekhilafannya. Pelajaran yang bisa diambil adalah bahwa Allah SWT adalah Tuhan yang maha pengasih lagi maha penyayang, Allah SWT akan mengampuni dosa hambanya sebesar dan sebanyak apapun dosa tersebut asalkan hambanya benar benar bertobat dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi.


EmoticonEmoticon