Doa Nabi Yunus Dalam Perut Ikan Paus dan Manfaatnya

Tags

Kali ini akan dibahas mengenai Doa Nabi Yunus AS. Kita tentu tahu bagaimana kisah dan sejarah Nabi Yunus yang merupakan salah satu dari 25 Nabi utusan ALLAH SWT. Doa yang terucap darinya tentu memiliki keistimewaan tersendiri. Apalagi doa tersebut diabadikan dalam Al Quran. Ini jelas suatu kelebihan tersendiri karena selain sebuah do'a, juga merupakan ayat Al Quran.

Doa ini dimohonkan dan dimunajatkan oleh Nabi Yunus saat ia dalam kesulitan. Sebabnya adalah saat itu Nabi Yunus sedang berada di dalam perut ikan paus. Di dalam kegelapan perut ikan tersebut, Beliau berdoa dan memohon ampun kepada ALLAH SWT. Keseriusan Nabi Yunus diblas oleh ALLAH SWT dengan mengabulkan doanya. Ikan itupun megeluarkan dan memuntahkan Nabi Yunus As.

Dikatakan bahwa doa ini memiliki manfaat dan khasiat yang besar. Beberapa diantaranya adalah dapat menghilangkan segala macam kesulitan, mengabulkan segala keinginan kita, diampuni semua dosa dosa kita, dan jika dibaca sebanyak 40 kali saat sedang sakit lalu kita ditakdirkan meninggal, maka dicatat sebagai orang yang mati syahid. Sedangkan jika ditakdirkan sembuh oleh ALLAH SWT, maka baginya pengampunan semua dosa. Terlepas dari beberapa keutamaan diatas, jelas bahwa masih banyak lagi manfaat yang akan kita dapat dengan membacanya. Ketahuilah bahwa ALLAH SWT tidak akan menolak doa hamba hambanya.

Doa Nabi Yunus

Demikianlah manfaat doa Nabi Yunus ini, setelah mengetahui kelebihan dan asal usul do'a ini, maka jangan lupa untuk membacanya, bisa juga dijadikan dzikir dan wirid harian anda. Langsung saja berikut ini teks bacaan doa Nabi Yunus lafadz dalam Al-Quran ketika berada dalam perut ikan paus. Doa tersedia dalam bahasa arab, latin dan terjemahan Indonesianya.

Doa Nabi Yunus


لاَ إِ لهَ إِلاَّ أَنْتَ سُبْحنَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّا لِمِيْنَ

 Laa ilaaha illa anta. Subhaanaka, innii kuntu minaz zhaalimiin

Artinya : Tidak ada Ilah (yang berhak disembah) selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk dalam golongan orang-orang yang dhalim.

Penjelasan Dalam Al Quran


Perihal doa Nabi Yusuf diatas dijelaskan oleh ALLAH SWT dalam Al Quran surat Al Anbiya ayat 88 dan 87 berikut ini :

وَذَا النُّونِ إِذْ ذَهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ أَنْ لَنْ نَقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادَى فِي الظُّلُمَاتِ أَنْ لا إِلَهَ إِلا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ (٨٧) فَاسْتَجَبْنَا لَهُ وَنَجَّيْنَاهُ مِنَ الْغَمِّ وَكَذَلِكَ نُنْجِي الْمُؤْمِنِينَ (٨٨

Artinya : Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam Keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), Maka ia menyeru dalam Keadaan yang sangat gelap: “Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha suci Engkau, Sesungguhnya aku adalah Termasuk orang-orang yang dzalim.” Maka Kami telah memperkenankan doanya dan menyelamatkannya dari pada kedukaan. dan Demikianlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman. (QS. Al-Anbiyaa’ : 87-88)

Itulah doa Nabi Yunus yang bisa dibaca dan diamalkan. Cara membacanya bebas saja dan tidak aturan yang mewajibkannya dibaca pada waktu dan cara tertentu. Cukup baca dan bisa digunakan untuk berdzikir setiap harinya. Insyaallah banyak manfaat yang akan kita dapatkan.