Kumpulan Hadits Tentang Memanah dan Manfaatnya

Tags

Memanah merupakan salah satu olahraga yang memerlukan skill dan konsentrasi tinggi. Memanah membutuhkan sebuah busur panah dan anak panah. Panahan sudah ada sejak zaman dahulu. Awalnya memanah digunakan untuk berburu binatang, kemudian memanah juga menjadi salah satu senjata paling ampuh saat perang. Di era modern seperti sekarang, memanah menjadi suatu olahraga atau hobi. Panahan juga menjadi cabang olahraga resmi dalam sejumlah ajang olahraga seperti Olimpiade atau Asian Games.

Dalam Islam, memanah merupakan suatu kegiatan yagn dianjurkan. Rasulullah juga menganjurkan muslim untuk berlatih menembak anak panah alias memanah. Memanah menjadi kegiatan yang sangat bermanfaat karena bisa meningkatkan konsentrasi, fokus, ketenangan, keyakinan, kesabaran, refleks hingga melatih kesabaran dan pengendalian emosi.

Selain manfaat bagi kesehatan tubuh, memanah juga bisa jadi bekal untuk pertahanan diri dari musuh. Muslim memang dianjurkan memiliki skill dasar pertahanan diri atau untuk berjihad, salah satu yang dianjurkan adalah memanah. Berikut akan kami tampilkan kumpulan hadits Nabi tentang memanah serta manfaat dan keutamaannya.

Kumpulan Hadits Tentang Memanah

Kumpulan Hadits Tentang Memanah


"Memanah dan berkudalah, dan kalian memanah lebih aku sukai dari pada berkuda." (HR. Ahmad, Tirmidzi, dan Ibnu Majah)

"Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi. Ketahuilah bahwa kekuatan itu adalah memanah, ketahuilah bahwa kekuatan itu adalah memanah, ketahuilah bahwa kekuatan itu adalah memanah!" (HR. Abu Daud - 2153)

"Tidak ada hiburan kecuali dalam tiga hal; seorang laki-laki yang melatih kudanya, candaan seseorang terhadap isterinya, dan lemparan anak panahnya. Dan barangsiapa yang tidak memanah setelah ia mengetahui ilmunya karena tidak menyenanginya, maka sesungguhnya hal itu adalah kenikmatan yang ia kufuri." (HR. Nasa’i - 3522)

"Saya telah mendengar beliau bersabda: “Sesungguhnya Allah ‘azza wajalla akan memasukkan tiga orang ke dalam surga lantaran satu anak panah; orang yang saat membuatnya mengharapkan kebaikan, orang yang menyiapkannya di jalan Allah serta orang yang memanahkannya di jalan Allah.” Beliau bersabda: “Berlatihlah memanah dan berkuda. Dan jika kalian memilih memanah maka hal itu lebih baik daripada berkuda." (HR. Ahmad - 16699)

Manfaat Memanah

  • Meningkatkan fokus dan konsentrasi
  • Menjadi kegiatan refreshing
  • Meningkatkan kordinasi antara mata dan tangan serta flekbilitas jari-jari tangan
  • Menjadi bentuk latihan kebugaran
  • Melatih ketenangan dan kesabaran
  • Membangun rasa percaya diri
  • Meningkatkan pengendalian emosi

Nah, itulah beberapa hadits tentang memanah serta manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita yang dikutip dari berbagai sumber. Olahraga memanah memang jadi salah satu permainan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Untuk itu muslim dianjurkan untuk belajar memanah sejak dini, selain sebagai olahraga juga sebagai bekal skill pertahanan diri terhadap musuh. Semoga info tersebut bermanfaat.