Kumpulan Hadits Tentang Zakat dan Artinya

Tags

Zakat merupakan salah satu dari lima rukun Islam. Zakat adalah kegiatan membayar sebagian harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh muslim yang diberikan pada orang yang berhak menerimanya. Perkara zakat menjadi suatu kewajiban bagi umat Islam yang mampu membayarnya. Zakat juga bisa jadi hal untuk mensucikan diri dan jiwa kita.

Membayar zakat sangat diperhatikan dalam syari'at Islam karena merupakan kewajiban bagi tiap orang Islam. Zakat juga termasuk salah satu ibadah dalam rukun Islam. Terdapat 2 jenis zakat, yaitu zakat fitrah dan zakat maal. Harta zakat berhak diterima oleh 8 golongan yang berhak menerima zakat di antaranya adalah fakir, miskin, amil dan muallaf.

Dalil tentang kewajiban zakat terdapat pada firman Allah SWT di Al-Qur'an. Selain itu juga terdapat beberapa hadits Nabi Muhammad SAW yang membahas tentang perkara zakat ini, seperti keutamaan zakat, syarat-syarat zakat, waktu membayar zakat serta metode pembayaran zakat. Berikut ini merupakan kumpulan hadits Rasulullah SAW tentang zakat selengkapnya.

Hadits Tentang Zakat

Kumpulan Hadits Tentang Zakat


Hadits tentang zakat sebagai rukun Islam


Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda

بُنِىَ الإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ ، وَإِقَامِ الصَّلاَةِ ، وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ ، وَالْحَجِّ ، وَصَوْمِ رَمَضَانَ

Artinya : 
"Islam dibangun di atas lima perkara: bersaksi bahwa tidak ada ilah (sesembahan) yang berhak disembah melainkan Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya; menegakkan shalat; menunaikan zakat; menunaikan haji; dan berpuasa di bulan Ramadhan."

Hadits tentang kewajiban berzakat


Nabi SAW bersabda ketika memerintahkan pada Mu’adz yang ingin berdakwah ke Yaman,

فَإِنْ هُمْ أَطَاعُوا لِذَلِكَ فَأَعْلِمْهُمْ أَنَّ اللَّهَ افْتَرَضَ عَلَيْهِمْ صَدَقَةً فِى أَمْوَالِهِمْ ، تُؤْخَذُ مِنْ أَغْنِيَائِهِمْ وَتُرَدُّ عَلَى فُقَرَائِهِمْ

Artinya : 
"… Jika mereka telah mentaati engkau (untuk mentauhidkan Allah dan menunaikan shalat), maka ajarilah mereka sedekah (zakat) yang diwajibkan atas mereka di mana zakat tersebut diambil dari orang-orang kaya di antara mereka dan kemudian disebar kembali oleh orang miskin di antara mereka."

Hadits tentang pengambilan zakat


عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ, عَنْ أَبِيهِ, عَنْ جَدِّهِ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( تُؤْخَذُ صَدَقَاتُ اَلْمُسْلِمِينَ عَلَى مِيَاهِهِمْ ) رَوَاهُ أَحْمَد ُ

Artinya :
Dari Amar Ibnu Syu`aib dari ayahnya, dari kakeknya Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Zakat kaum muslimin diambil di tempat-tempat sumber air mereka." (HR. Ahmad)

Hadits tentang keutamaan zakat fitrah


عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ فَرَضَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ زَكَاةَ الْفِطْرِ طُهْرَةً لِلصَّائِمِ مِنْ اللَّغْوِ وَالرَّفَثِ وَطُعْمَةً لِلْمَسَاكِينِ مَنْ أَدَّاهَا قَبْلَ الصَّلَاةِ فَهِيَ زَكَاةٌ مَقْبُولَةٌ وَمَنْ أَدَّاهَا بَعْدَ الصَّلَاةِ فَهِيَ صَدَقَةٌ مِنْ الصَّدَقَاتِ

“Dari Ibnu ‘Abbas, dia berkata: Rasulullah SAW telah mewajibkan zakat fithri untuk menyucikan orang yang berpuasa dari perkara sia-sia dan perkataan keji dan sebagai makanan bagi orang-orang miskin. Barangsiapa menunaikannya sebelum shalat Idul Fitri, maka itu adalah zakat yang diterima. Dan barangsiapa menunaikannya setelah shalat Idul Fitri, maka itu adalah satu shadaqah dari shadaqah-shadaqah”

Hadits tentang hikmah zakat


Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata,

فَرَضَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- زَكَاةَ الْفِطْرِ طُهْرَةً لِلصَّائِمِ مِنَ اللَّغْوِ وَالرَّفَثِ وَطُعْمَةً لِلْمَسَاكِينِ مَنْ أَدَّاهَا قَبْلَ الصَّلاَةِ فَهِىَ زَكَاةٌ مَقْبُولَةٌ وَمَنْ أَدَّاهَا بَعْدَ الصَّلاَةِ فَهِىَ صَدَقَةٌ مِنَ الصَّدَقَاتِ.
Artinya : 
“Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah untuk menyucikan orang yang berpuasa dari bersenda gurau dan kata-kata keji, dan juga untuk memberi makan orang miskin. Barangsiapa yang menunaikannya sebelum shalat maka zakatnya diterima dan barangsiapa yang menunaikannya setelah shalat maka itu hanya dianggap sebagai sedekah di antara berbagai sedekah.” 


Itulah beberapa hadits tentang zakat yang dihimpun dari berbagai sumber referensi. Tentu sebagai muslim yang mampu, kita diwajibkan untuk membayar zakat sesuai dengan aturan dan syari'at Islam yang berlaku. Semoga info hadits Nabi SAW tersebut bisa bermanfaat.


EmoticonEmoticon