Mukjizat Nabi Daud AS

Tags

Nabi Daud AS adalah salah satu utusan Allah SWT yang memiliki banyak kelebihan dan keistimewaan. Beliau Nabi Dawud mampu mengalahkan jalut hanya dengan sebuah batu, padahal saat itu usianya masih terbilang muda. Dari beberapa mukjizat Nabi Daud Alaihissalam, salah satu yang terbesar dalah kitab zabur.

mukjizat Nabi Daud

Sedangkan kehebatan dan mukjizat Nabi Dawud lainnya adalah seperti memiliki suara merdu, kerajaan yang kuat dan tak terkalahkan serta mampu berbicara dengan burung. Untuk selengkapnya, berikut ini daftar mukjizat Nabi Daud As.

Mukjizat Nabi Daud


1. Nabi Daud memiliki keahlian dalam mengolah besi. Dengan tangan kosongnya ia mampu menempa, melunakkan dan membentuk besi menjadi apapun termasuk menjadikannya sebuah baju besi untuk keperluan berperang. Mukjizat ini terdapat dalam Al-Quran sebagai berikut :

“Buatlah baju besi yang besar-besar dan ukurlah anyamannya, dan kerjakanlah amalan yang saleh. Sesungguhnya Aku melihat apa yang kamu kerjakan.” (surat Saba ayat 11)

"Dalam surat itu Allah SWT berfirman, ”Dan telah Kami ajarkan kepada Daud membuat baju besi untuk kamu, guna memelihara kamu dalam peperanganmu. Maka, hendaklah kamu bersyukur (kepada Allah).” (Surat Al- Anbiyaa’ ayat 80)

2. Nabi Daud As memiliki ilmu yang sempurna dan luas, ia juga sangat bijaksana dan mampu menyelesaikan berbagai macam persoalan dalam masa pemerintahannya.

3. Nabi Daud menjadi raja dan memimpin sebuah kerajaan yang sangat hebat dan kuat. Kerajaan yang ia pimpn sangatlah perkasa dan tak terkalahkan oleh siapapun lawannya. Kemenangan demi kemenangan selalu diperoleh atas semua musuhnya.

4. Nabi Daud memiliki kemampuan dan kelebihan untuk berbicara dengan burung. Ia diberi kelebihan oleh Allah SWT mampu memahami bahasa dan maksud dari suara burung burung.

5.Gunung gunung dan burung burung ikut bertasbih saat Nabi Daud bertasbih. Ini merupakan kelebihan dan mukjizat Nabi Daud As dan hal ini diabadikan dalam Al Quran dalam surat saba ayat ke 10 :

”Dan sesungguhnya telah Kami berikan ke pada Daud karunia dari Kami. (Kami berfirman), Hai gunung-gunung dan burung-burung, bertasbihlah berulang-ulang bersama Daud, dan Kami telah melunakkan besi untuknya.”(Surat Saba’ ayat 10) 

6.  Nabi Daud dianugrahi oleh Allah SWT suara yang indah dan sangat merdu.

Demikianlah beberapa mukjizat Nabi Daud As. Begitulah para Nabi dan Rasul, mereka diberi kelebihan oleh Allah SWT agar memudahkan mereka dalam berdakwah. Semoga bisa kita ambil sebagai bahan pembelajaran.