Mukjizat Nabi Nuh AS

Tags

Nabi Nuh AS merupakan Nabi dan Rasul yang masuk dalam golongan ulul azmi. Mereka para Nabi dan Rasul yang bergelar ulul azmi memiliki keistimewaan khusus dibanding Nabi lainnya. Dan seperti utusan Allah SWT lainnya, Nabi Nuh Alaihissalam juga memiliki sebuah kelebihan dan mukjizat. Hal inilah yang akan kita bahas kali ini

Nabi Nuh sendiri diutus oleh Allah SWT ditengah kaumnya yang ketika itu sangat sesat dan menyembah berbagai berhala yang mereka buat sendiri. Kesesatan umat Nabi Nuh sangat nyata sehingga segala macam upaya Nabi Nuh untuk berdakwah dan mengajak umatnya beriman selalu ditolak.

Mukjizat Nabi Nuh

Bahkan Nabi Nuh As dicaci maki dan diolok olok. Hanya sedikit saja yang akhirnya menerima dakwahnya dan akhirnya menjadi pengikut Nabi Nuh. Bahkan anak kandungnya sendiri ingkar terhadap ajakan Nabi Nuh. Ditengah kesesatan kaumnya itu Nabi Nuh As pun berdoa dan memasrahkan semuanya kepada Allah SWT.

Akhirnya Allah SWT pun menyerukan kepada Nabi Nuh untuk membuat sebuah bahtera atau perahu yang kelak akan menyelamatkan mereka dari sebuah banjir besar. Hal ini diabadikan dalam Al Quran surat Hud ayat 37, berikut bunyi ayat tersebut :

"Dan buatlah kapal itu dengan pengawasan dan petunjuk wahyu Kami, dan janganlah engkau bicarakan dengan Aku tentang orang-orang yang zalim. Sesungguhnya mereka itu akan ditenggelamkan." (Q.S. Hud ayat 37)

Akhirnya setelah menerima perintah dari Allah SWT, Nabi Nuh pun membuat sebuah kapal raksasa bersama para pengikutnya. Proses pembuatan kapal itu bukanlah tanpa gangguan. Gangguan datang setiap saat dari para kaumnya yang ingkar dan memilih tetap menyembah para berhala. Mereka mengejek dan mengolok ngolok Nabi Nuh karena membuat kapal tanpa sebab yang jelas.

Gangguan mereka tidak dihiraukan oleh Nabi Nuh, ia tetap melanjutkan pembangunan kapal hingga selesai. Dan setelah selesai, Nabi Nuh dan pengikutnya yaitu orang orang beriman menaiki bahtera tersebut. Diperintahkan pula untuk mengangkut sepasang binatang dari berbagai jenis.

Sementara orang orang kafir tetap ingkar dan anak Nabi Nuh pun tidak mengindahkan ajakan ayahnya. Ia berdalih mampu menghindar dan akan menaiki bukit dan gunung yang tinggi. Namun siapa yang hendak melawan kuasa Allah SWT. Dan ketika banjir datang, maka semuanya hanyut dan terombang ambing disapu oleh banjir. Semuanya binasa termasuk anak Nabi Nuh AS. Mengenai kisah dan kehebatan Nabi Nuh ini, banyak sekali dalil dalilnyanya dalam Al-Quran, berikut beberapa diantaranya :

Maka mereka mendustakan Nuh , kemudian kami selamatkan dia dan orang-orang yang bersamanya di dalam bahtera, dan Kami tenggelamkan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami. Sesungguhnya mereka adalah kaum yang buta (mata hatinya). (QS. Al-A’raf: 64).

Maka Kami selamatkan Nuh dan orang-orang yang besertanya di dalam kapal yang penuh muatan. (QS.Asy-Syuara:119).

Maka kami selamatkan Nuh dan penumpang-penumpang bahtera itu dan kami jadikan peristiwa itu pelajaran bagi semua umat manusia. (QS. Al-Ankabut: 15).

Melihat kisah diatas, hal ini membuktikan bahwa nilai iman sangat tak terhingga, sekalipun anak dari seorang Nabi jika ingkar dan tidak menyembah Allah SWT, maka murka dan azab akan menimpanya. Demikianlah sekilas mengenai mukjizat Nabi Nuh AS yang bisa kami share. Insyaallah bermanfaat dan bisa dijadikan pelajaran bagi kita semua.