Mukjizat Nabi Sulaiman AS

Tags

Sebagai seorang Nabi dan Rasul utusan Allah SWT, tentu Nabi Sulaiman AS memiliki kelebihan dan keistimewaan berupa mukjizat yang diberikan oleh Allah SWT dalam memudahkan dakwahnya di tengah masyarakat. Mukjizat Nabi Sulaiman AS sendiri cukuplah banyak, salah satunya adalah bisa memerintah jin dan binatang, harta dan keuasaan berlimpah, mengendalikan angin dan masih banyak lagi.

Semua hal tersebut bisa terjadi tentunya hanya seizin Allah SWT Tuhan yang semesta alam. Allah SWT lah yang memberikan semua kelebihan dan kehebatan tersebut kepada Nabi Sulaiman. Salah satu tujuan utamanya adalah sebagai tanda kenabian dan bukti bahwa ia memang utusan Allah SWT.

Mukjizat Nabi Sulaiman

Mukjizat Nabi Sulaiman


Beberapa mukjizat Nabi Sulaiman AS sendiri tercantum dan disebutkan dalilnya dalam Al Quran salah satunya bisa dilihat dalam surat Saba dan An-Naml. Selanjutnya simak dibawah ini beberapa daftar mukjizat Nabi Sulaiman AS.

1. Berkuasa atas jin


Nabi Sulaiman adalah Nabi yang berkuasa atas jin. Jin jin tersebut mengikuti perintah dan arahan Nabi Sulaiman AS seperti ikut membangun istana dan kerajaan bahkan ikut turut dalam berperang bersama Nabi Sulaiman. hal ini tersebut dalam Al Quran sebagai berikut :

"Dan Kami(tundukkan) angin bagi Sulaiman, yang perjalanannya di waktu pagi sama dengan perjalanan sebulan dan perjalanannya di waktu sore sama dengan perjalanansebulan (pula) dan Kami alirkan cairan tembaga baginya. Dan sebahagian dari jin ada yang bekerja di hadapannya (di bawah kekuasaannya) dengan izin Tuhannya. Dan siapa yang menyimpang di antara mereka dari perintah Kami, Kami rasakan kepadanya azab neraka yang apinya menyala-nyala. (Saba' 34:12)

2. Berbicara dengan hewan


Nabi Sulaiman diberi mukjizat oleh Allah SWT mampu memahami bahasa semua hewan sehingga ia bisa berbicara dan berinteraksi dengannya.  Diriwayatkan bahwa suatu ketika Nabi Sulaiman Memerintahkan burung-burung untuk memayungi Sulaiman dan pasukannya selama berada di permadani terbang dari sengatan sinar matahari. Beberapa dalilnya ada dalam Al-Quran sebagai berikut ini :

Dan dihimpunkan untuk Sulaiman tentaranya dari jin, manusia dan burung lalu mereka itu diatur dengan tertib." (An-Naml 27:17)

2. Kekayaan berlimpah


Nabi Sulaiman memiliki harta yang berlimpah dan tidak ada habisnya. Ini adalah suatu anugrah dari Allah SWT, meski begitu hal ini tidak membuat Nabi Sulaiman buta dan cinta kepada hartanya.

3. Kerajaan yang megah


Nabi Sulaiman juga memerintah sebuah kerajaan besar dimana istananya sangat megah dan indah. Dindingnya terbuat dari batu pualam, tiang dan pintunya terbuat dari emas dan tembaga hiasan dan ukirannya dari mutiara dan intan,atapnya dari perak dan sebagainya.

4. Angin Menuruti kehendaknya


Nabi Sulaiman bisa mengatur arah angin atas kehendak Allah SWT. Angin bisa membawa dia menuju tempat sejauh satu bulan perjalanan hanya dalam waktu sekejap. Angin juga berhembus membawa permadaninya kemana ia hendak pergi. Dalam surat Al Anbiya Allah SWT berfirman sebagai berikut :

Dan(telah Kami tundukkan) untuk Sulaiman angin yang sangat kencang tiupannya yang berhembus dengan perintahnya ke negeri yang Kami telah memberkatinya. Dan adalah Kami Maha Mengetahui segala sesuatu.” (Al-Anbiyya 21:81)

5. Berbicara dengan permadani


Nabi Sulaiman bisa berbicara dengan permadaninya yang notabene adalah sebuah benda mati.

6. Memiliki Ilmu, kecerdasan dan kebijaksanaan tinggi


Sebagai Nabi dan Rasul utusan Allah SWT, Nabi Sulaiman memiliki sifat sifat dan akhlak mulia kenabian. Ia memiliki ilmu dan kecerdasan yang tinggi bahkan sejak masih muda. Ia juga sangat bijak dan adil dalam memutuskan sebuah perkara dan perselisihan di tengah masyarakat.

7. Melihat hal ghaib


Mampu mengetahui dan melihat hal hal yang ghaib. Nabi Sulaiman bisa mengetahui keberadaan jin dan iblis serta mengetahui jika mereka berubah wujud / menyamar sebagai manusia.

8. Mendengar suara pelan dari kejauhan


Pendengaran Nabi Sulaiman As sangat tajam, Ia mampu mendengar suara yang pelan sekalipun dari jarak kejauhan.

Demikianlah kumpulan mukjizat Nabi Sulaiman As yang bisa kami bagikan. Diatas hanya sebagian saja dari banyak mukjizat yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Sulaiman. Insyaaallah bermanfaat dan semoga bisa menjadi ibrah bagi kita semua.