Definisi dan Pengertian Dakwah Agama Islam

Tags

Sebagai seorang muslim, kita diwajibkan untuk berdakwah. Ya, kegiatan berdakwah tidak hanya boleh dilakukan oleh ustadz atau kyai saja. Tiap muslim memiliki tugas untuk berdakwah yaitu menyebarkan ajaran agama Islam sesuai dengan syari'at yang benar. Kewajiban berdakwah banyak disebutkan dalam beberapa ayat Al-Qur'an dan hadits Rasulullah SAW.

Dakwah tidak hanya bisa dilakukan lewat lisan di sebuah forum majelis atau pengajian saja. Kegiatan dakwah bisa dilakukan siapa saja, kapan saja dan di mana saja. Dakwah bisa dilakukan lewat perbuatan atau pemikiran, bisa berupa himbauan, ajakan atau bahkan gagasan. Asalkan tujuannya untuk mengajak pada jalan kebenaran sesuai Al-Qur'an dan hadits, maka itu tergolong dalam perbuatan dakwah yang benar.

Lantas apa sebenarnya pengertian dakwah itu sendiri? Apa definisi dakwah yang benar? Apa pula arti kata dakwah dalam bahasa Arab dan bagaimana penggunaan kata dakwah bisa relevan dengan bahasa Indonesia. Berikut merupakan definisi dan pengertian dakwah sesuai ajaran Islam selengkapnya.

Pengertian Dakwah Agama Islam

Pengertian Dakwah


Secara bahasa, dakwah berasal dari kata bahasa Arab yang berarti ajakan atau seruan. Secara umum, dakwah dapat diartikan sebagai kegiatan menyeru, mengajak dan memanggil orang untuk taat dan beriman kepada Allah sesuai dengan syari'at Islam yang diajarkan. Dalam bahasa Arab, kata dakwah adalah bentuk kata benda yang berasal dari kata kerja 'menyeru' atau 'mengajak'.

Memang tidak ada definisi dakwah yang baku. Tiap ulama atau ahli bahasa cenderung memiliki definisi yang agak berbeda. Namun dari semua pengertian, bisa disimpulkan bahwa dakwah merupakan kegiatan menyeru dan mengajak orang agar berada di jalan kebenaran sesuai perintah Allah SWT.

Penggunaan kata dakwah awalnya ditujukan pada seruan atau ajakan pada seseorang agar berubah menjadi lebih baik. Namuns eiring perkembangan zaman terdapat pergeseran makna kata dakwah sehingga hanya tertuju pada dakwah dalam ajaran agama Islam.

Dalam proses dakwah terdapat dua unsur utama, yaitu pendakwah atau orang yang berdakwah serta sasaran dakwah atau orang/kelompok yang didakwahi. Unsur lain yang ada pada proses berdakwah adalah materi dakwah yang disampaikan, metode dakwah yang digunakan serta landasan dakwah yang dijadikan acuan.

Kata dakwah sering dirangkai dengan ilmu atau Islam. Dalam Islam, tiap perkataan, pemikiran atau perbuatan untuk mengajak orang ke jalan kebaikan, amal saleh atau perbuatan baik sesuai syari'at Islam disebut juga dengan dakwah. Untuk itu, dakwah tidak hanya diartikan pada kegiatan ceramah atau pengajian saja, karena dakwah memiliki cakupan arti yang lebih luas lagi yang bisa dilakukan oleh siapa saja.

Dakwah pun memiliki tujuan tersendiri. Tujuan dakwah antara lain adalah mengajak orang agar berada pada jalan kebenaran dan berakhlak karimah. Selain itu dakwah bertujuan agar akidah Islam bisa tertanam pada tiap manusia. Adapun manfaat dakwah bagi pendakwah adalah melakukan kewajiban sebagai muslim guna mewujudkan kesejahteraan hidup baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Macam-Macam Dakwah


Dakwah memiliki beberapa macam jenis metode, tergantung pada cara penyampaian si pendakwah kepada sasaran dakwah. Terdapat banyak macam-macam metode berdakwah, di antaranya yaitu sebagai berikut.

  • Dakwah bil Lisan, yaitu dakwah dengan komunikasi lisan atau ucapan, misalnya ceramah atau khutbah
  • Dakwah bil Hal, yaitu dakwah dengan aksi tindakan nyata, misalnya lewat kegiatan Islami atau bakti sosial
  • Dakwah bil Qalam, yaitu dakwah melalui media tulisan, misalnya melalui buku atau media massa
  • Dakwah bil Qudwah, yaitu dakwah memalui sikap keteladanan, misalnya dengan melakukan perbuatan amal shaleh tiap harinya
Tiap pendakwah biasanya memiliki metode yang berbeda-beda. Ada yang lihai dalam bercakap hingga memilih metode secara lisan. Namun juga ada yang lebih pandai dalam menulis sehingga memilih berdakwah lewat karya tulisan. Apa pun macam metode dakwah yang dipilih boleh saja asalkan sesuai dengan tujuan dakwah sesuai akidah Islam.


Kewajiban Berdakwah


Dakwah merupakan tugas dan kewajiban bagi tiap muslim. Artinya tiap muslim diharuskan untuk menyebarkan ajaran Islam pada orang lain. Allah SWT berfirman dalam Surat An-Nahl ayat 25 tentang perbuatan dakwah sebagai berikut.

"Serulah oleh kalian (umat manusia) ke jalan Tuhanmu dengan hikmah, nasihat yang baik, dan berdebatlah dengan mereka secara baik-baik..." (QS. An-Nahl:125).

Dalam hadits Nabi Muhamamd SAW, juga dijelaskan mengenai perintah berdakwah bagi muslim. Contoh hadits tentang berdakwah misalnya adalah sebagai berikut.

“Sampaikanlah dariku walaupun hanya satu ayat” dan “Katakanlah kebenaran itu walaupun rasanya pahit/berat” (H.R. Ibnu Hibban).

Nah, itulah sekilas info Islami mengenai pengertian dakwah dan definisi lengkapnya serta macam macam metode dakwah, manfaat dakwah dan dalil kewajiban berdakwah. Sudah menjadi kewajiban bagi kita sebagai muslim untuk melakukan kegiatan dakwah dalam kehidupan sehari-hari. Dakwah pun bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja. Sekian info Islami kali ini, semoga bisa bermanfaat.


EmoticonEmoticon