Sholawat Tarhim Subuh Sebelum Adzan dan Terjemahannya

Tags

Pada saat pagi hari menjelang sholat subuh kita biasa mendengar lantunan shalawat dan dilanjut dengan adzan lalu iqomat. Tahukah anda bahwa shalawat yang anda dengar itu bernama sholawat tarhim. Sholawat ini memiliki makna yang bagus dalam lirik syairnya.

Dan di Indonesia sendiri, shalawat tarhim ini sangat populer dan melegenda karena diputar di banyak masjid dan musholla berbagai daerah. Liriknya tidaklah terlalu panjang sehingga dibaca berulang ulang hingga waktu adzan tiba. Sholawat inilah yang biasanya setiap pagi kita dengarkan di beberapa surau. Terkadang dilantukan langsung oleh muadzin atau mereka yang ditugaskan untuk adzan, kadang juga hanya diperdengarkan melalui rekaman saja.

sholawat tarhim subuh

Untuk lebih jelasnya dibawah ini teks bacaan sholawat tarhim subuh sebelum adzan lengkap dalam lafadz bahasa arab dan terjemahan indonesianya. Besar harapan kita mengerti makna dan kandungannya.

Sholawat Tarhim Subuh


الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَيْكَ , يَاإمَامَ الْمُجَاهِدِيْنَ , يَارَسُوْلَ اللهْ • الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَيْكَ , يَانَاصِرَ اْلهُدَى , يَا خَيْرَ خَلْقِ اللهْ • الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَيْكَ , يَانَاصِرَ الْحَقِّ يَارَسُوْلَ اللهْ • الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَيْكَ , يَامَنْ اَسْرَى بِكَ مُهَيْمِنُ لَيْلًا نِلْتَ , مَا نِلْتَ وَالأَنَامُ نِيَامْ وَتَقَدَّمْتَ لِلصَّلَاةِ فَصَلَّ كُلُّ مَنْ فِى السَّمَاءِ وَاَنْتَ الْإِمَامْ وَاِلَى الْمُنْتَهَى رُفِعْتَ كَرِيْمًا وَ سَمِعْتَ نِدَاءً عَلَيْكَ السَّلَامْ , يَا كَرِمَ الْأَخْلَاقْ , يَارَسُوْلَ اللهْ , صَلىَ اللهُ عَلَيْكَ , وَ عَلىَ عَلِكَ وَ اَصْحَابِكَ أجْمَعِيْن

Artinya : Shalawat dan salam semoga tercurahkan padamu duhai pemimpin para pejuang, ya Rasulullah Shalawat dan salam semoga tercurahkan padamu duhai penuntun petunjuk Ilahi, duhai makhluk yang terbaik Shalawat dan salam semoga tercurahkan atasmu Duhai penolong kebenaran, ya Rasulullah Shalawat dan salam semoga tercurahkan padamu Wahai Yang Memperjalankanmu di malam hari Dialah Yang Maha Melindungi Engkau memperoleh apa yang kau peroleh sementara semua manusia tidur Semua penghuni langit melakukan shalat di belakangmu dan engkau menjadi imam Engkau diberangkatkan ke Sidratul Muntaha karena kemulianmu dan engkau mendengar suara ucapan salam atasmu Duhai yang paling mulia akhlaknya, ya Rasulullah Semoga shalawat selalu tercurahkan padamu, pada keluargamu dan sahabatmu.

Itulah bacaan sholawat tarhim subuh yang biasa diperdengarkan sesaat sebelum adzan shubuh tiba. Sekian dan semoga bermanfaat.