Bacaan Niat Mandi Hari Jumat Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Tags

Pada kesempatan kali ini akan di share tentang bacaan niat mandi hari jumat lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Melakukan mandi pada hari jumat sendiri hukumnya sunnah dan sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Beberapa dalil menjelaskan tentang kesunnahan mandi ini salah satunya hadits berikut ini :

إِذَا جَاءَ أَحَدُكُمْ الْجُمُعَةَ فَلْيَغْتَسِلْ

Artinya : “Jika salah seorang di antara kalian mendatangi shalat jumat maka hendaknya dia mandi.” (HR Bukhari dan Muslim).

Dengan begitu kita disunnahkan untuk mandi pada hari jumat yang merupakan hari istimewa dan penuh keutamaan. Waktu pelaksanaan mandi sunnah ini adalah saat fajar dan masuknya waktu subuh hingga waktu sholat jum'at atau sebelum salam terakhir imam shalat jumat. Sedangkan waktu mandi yang paling afdhol adalah ketika kita akan berangkat menuju masjid untuk shalat jumat atau yang mendekati waktu shalat jumat dilaksanakan.

niat mandi jumat

Dan yang perlu diketahui adalah bahwa lafadz niat mandi jumat juga berbeda dengan niat pada mandi mandi lainnya. Dan untuk lebih jelasnya, simak berikut bacaan doa niat mandi ketika akan sholat jumat lengkap dalam teks arab, tulisan latin dan terjemahan bahasa Indonesianya supaya dimengerti makna dan kandungannya.

Niat Mandi Sunnah Pada Hari Jumat


نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِلصَّلاَةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla lishsholaati miy yaumil jumu'atisunnatal lillahi ta'aalaa

Artinya : Saya niat mandi untuk shalat pada hari jum'at (mandi jum'at) sunnah karena Allah Ta'ala.

Demikianlah bacaan niat mandi hari jumat lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga kita selalu istiqomah dalam mengamalkan sunnah mandi di hari jumat. Dan saat melaksanakan mandi jangan lupa untuk membaca lafadz niatnya.


EmoticonEmoticon