Doa Ketika Turun Hujan dan Doa Setelah Hujan Berhenti (Reda)

Tags

Hujan adalah rahmat dari ALLAH SWT. maka dari itu setiap turun hujan kita dianjurkan untuk selalu bersyukur dan berdoa memohon kepada Allah SWT. Itulah yang akan diulas kali ini yaitu mengenai teks bacaan doa ketika turun hujan lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Tidak lupa kami share juga doa setelah hujan berhenti (reda).

doa ketika turun hujan

Seperti yang kita ketahui bahwa hujan adalah rahmat dimana banyak sekali manfaat turunnya hujan bagi seluruh makhluk di dunia ini. Nikmat hujan ini hendaknya digunakan sebagai sarana bersyukur dan berdoa kepada Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda dalam haditsnya berikut ini :

اطْلُبُوا اسْتِجابَةَ الدّعاءِ عِنْدَ التِقاءِ الجُيُوشِ وَإقَامَةِ الصَّلاةِ وَنُزُولِ الغَيْثِ

Artinya : “Burulah manjurnya doa ketika perang berkecamuk, iqamah shalat, dan turunnya hujan.”

Jadi mulai sekarang jangan lupauntuk mengamalkan dan membaca doa hujan setiap kali hujan turun. Dengan begitu insyaallah hujan yang turun menjadi penuh dengan keberkahan dan membawa kebaikan bagi kita semua.

Untuk lafadz doanya sangat singkat dan pendek, langsung saja simak berikut ini teks bacaan doa ketika turun hujan dan doa setelah selesai hujan (reda) lengkap dalam lafadz arab, tulisan latin dan terjemahan bahasa Indonesianya. Dengan begitu kita tahu makna dan isi kandungan dari do'a yang kita baca.

 Doa Ketika Turun Hujan


 اَللّٰهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

Alloohumma shoyyiban naafi 'an

Artinya : Ya Allah, semoga hujan yang Engkau turunkan ini lebat dan membawa manfa’at.

Doa diatas hendaknya dibaca ketika sedang turun hujan. Selanjutnya saat hujan telah berhenti atau reda, kita juga dianjurkan membaca doa. Berikut ini bacaan doa setelah selesai hujan (reda).

Doa Setelah Hujan Berhenti (Reda)


 مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللهِ وَرَحْمَتِهِ

Muthirnaa bifadllillaahi wa rohmatihi

Artinya : Kita diberi hujan karena keutamaan dan rahmatNya.

Demikianlah teks bacaan doa ketika turun hujan dan doa setelah hujan berhenti (reda) lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Jangan lupa setiap kali hujan turun dan ketika hujan reda untuk selalu membaca doa diatas.