Doa Memakai Pakaian dan Melepas Pakaian Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Tags

Kali ini akan dibahas tentang teks bacaan doa memakai pakaian dan doa melepas pakaian lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Lafadz doa berpakaian ini hendaknya dibaca ketika kita mengganti dan melepas baju sehingga keberkahan akan menyertai kita.

Islam mengajarkan kita untuk membaca doa di hampir tiap aktivitas, termasuk juga saat berpakaian. Pakaian merupakan salah satu dari tiga kebutuhan primer manusia, yaitu sandang, pangan dan papan. Beberapa fungsi pakaian adalah melindungi tubuh dari cuaca panas atau dingin atau pun gangguan lainnya. Pakaian atau baju akan memberi kesan sopan dan pantas bagi orang yang mengenakannya.


Dalam Islam, pakaian juga berfungsi untuk menutup aurat. Tiap muslim memang diwajibkan untuk menutup aurat mereka yang dibedakan antara laki-laki dan perempuan. Agama Islam pun mengatur mengenai adab berpakaian dalam Islam. Sebelum mengenakan baju, hendaknya kita membaca doa berpakaian sesuai dengan ajaran agama Islam.

Baik baju baru maupun baju lama, kita dianjurkan untuk mengucapkan doa memakai pakaian. Kita harus bersyukur atas pemberian Allah SWT yaitu baju yang kita kenakan untuk melindungi tubuh kita. Selain itu juga ada doa melepas pakaian yang diucapkan saat kita akan melepas pakaian yang kita gunakan.

Berikut akan kami tampilkan info mengenai doa berpakaian sesuai sunnah yang benar dalam islam, baik doa memakai baju baru atau pun doa memakai baju lama yang sudah ada serta bacaan doa melepas pakaian. Doa akan ditampilkan dalam tulisan Arab, teks latin serta arti terjemahan bahasa Indonesia. Berikut doa berpakaian selengkapnya.

Doa Memakai Pakaian dan melepas pakaian

Doa Memakai Pakaian


Doa memakai pakaian berikut ini dibaca jika akan mengenakan baju sehari-hari yang biasa dipakai atau baju yang sudah lama. Berikut doa memakai baju lama selengkapnya.


اَللّهُمَّ إِنِّيْ أَسْألُكَ ِمنْ خَيْرِهِ َوخَيْرِ مَاهُوَلَهُ, َوأَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَاهُوَ لَهُ


Alloohumma innii as-alukal min khoirihi wa khoiri maa huwa lahuu wa a'uudzubika min syarrihi wa syarri maa huwa lahuu

Artinya :
“Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Wahai Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMu dari kebaikan pakaian ini dari kebaikan sesuatu yang dipakai ini dibuat untuknya. Dan aku berlindung kepadaMu dari kejahatan pakaian ini dan kejahatan yang dipakai ini dibuat untuknya.”

Doa Memakai Baju Baru


Doa ini diucapkan saat akan memakai baju baru yang baru dibeli atau yang baru dipakai. Berikut merupakan bacaan doa memakai pakaian baru selengkapnya.

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِىْ كَسَانِىْ هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّىْ وَلاَقُوَّةٍ

Alhamdu lillaahil ladzii kasaanii haadzaa wa rozaqoniihi min ghoiri hawlim minni wa laa quwwatin

Artinya :
"Segala puji bagi Allah yang memberi aku pakaian ini dan memberi rizeki dengan tiada upaya dan kekuatan dariku"

Doa Melepas Pakaian


Doa ini diucapkan saat akan melepaskan pakaian/baju yang kita pakai. Berikut bacaan doa melepas pakaian selengkapnya beserta terjemahannya.

بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ هُوَ

Bismillaahilladzii laa ilaaha illaa huwa

Artinya:
“Dengan nama Allah, tiada tuhan selain Dia.”

Nah, itulah info bacaan doa Islami yaitu doa berpakaian lengkap bahasa arab, latin dan artinya, baik doa memakai baju baru maupun memakai baju lama, serta doa saat melepas pakaian. Doa tersebut diucapkan saat memakai pakaian, baik berupa baju, kaos, celana, sarung, jilbab, gamis, jaket dan lain-lain. Dengan mengucapkan doa tersebut kita memohon perlindungan Allah dengan doa agar terhindar dari musibah serta bersyukur pada rezeki yang Allah berikan. Sekian info doa Islam kali ini.