Doa Menempati Rumah Baru dan Ketika Akan Memasukinya

Tags

Bagi anda yang akan pindah ke rumah baru, maka artikel ini sangat tepat untuk anda. Kali ini akan dibahas tentang doa menempati rumah baru. Baca doa ini ketika anda akan masuk dan tinggal di rumah baru anda. Doa tersedia dalam bahasa arab, latin dan artinya.

Islam sendiri sebagai selalu mengajarkan untuk membaca doa sebelum melakukan aktifitas apapun dengan niat yang baik. Begitu juga ketika kita memasuki dan menempati rumah baru. Maka seharusnya kita berdoa dan memohon kepada Allah SWT agar rumah kita diberkahi dan penghuninya dilindungi dari berbagai macam bahaya baik dari jin maupun manusia.

Hal yang sederhana yang bisa kita lakukan sebelum mengamalkan berbagai doa adalah bersyukur atas nikmat rumah yang diberikan oleh Allah SWT. Selanjutnya minimal anda mengucapkan bacaan basmalah yaitu "Bismillahirrahmanirrahim" ketika akan memasuki rumah baru anda.

doa menempati rumah baru

Selanjutnya bisa berdoa dengan berbagai macam doa yang ada atau bisa menggunakan bacaan doa yang akan kita share dibawah ini. Untuk lebih jelasnya berikut ini lafadz bacaan doa menempati rumah baru lengkap dalam bahasa arab, tulisan latin dan terjemahan Indonesianya agar kita mengerti makna yang terkandung didalamnya.

Amalan dan doa menempati rumah baru dalam bahasa arab, latin dan artinya


Membaca Surat Al Ikhlas

Membaca surat al ikhlas 3 kali sebelum memasuki rumah baru anda. Berikut bacaan surat Al Ikhlas :

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ 
قُلْ هُوَ ٱللَّهُ أَحَدٌ ﴿١﴾ ٱللَّهُ ٱلصَّمَدُ ﴿٢﴾ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ ﴿٣﴾ وَلَمْ يَكُن لَّهُۥ كُفُوًا أَحَدٌۢ ﴿٤

Qul huwa allaahu ahadun, allaahu shamadu, lam yalid walam yuuladu, walam yakun lahu kufuwan ahadun.

Artinya : Katakanlah: Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia

Doa Pertama

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

"A'udzu Bikalimaatillaahit Taammaati min Syarri Maa Khalaq.."

Artinya : "Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakan-Nya."

Mengenai bacaan doa diatas, Rasulullah SAW bersabda dalam hadistnya sebagai berikut :

مَنْ نَزَلَ مَنْزِلًا ثُمَّ قَالَ أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ لَمْ يَضُرَّهُ شَيْءٌ حَتَّى يَرْتَحِلَ مِنْ مَنْزِلِهِ ذَلِكَ


Artinya : "Siapa yang singgah di suatu tempat, lalu ia membaca: A'udzuBikalimaatillaahit Taammaati min Syarri Maa Khalaq (Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakan-Nya ) maka tak ada sesuatupun yang membahayakannya sehingga ia beranjak dari tempatnya tersebut."(HR. Muslim )

Doa Kedua

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلَجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Artinya : "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMu kebaikan rumah yang aku masuki dan kebaikan rumah yang aku tinggalkan, dengan menyebut Nama Allah aku masuk dan dengan menyebut nama Allah aku keluar dan kepada Allah, Rabb kami, kami bertawakkal."

Doa ketiga

“Rabbi anzilnii munzalan mubaarakan waAnta Khairul munziliin”(Q.23: 29).

 Artinya : “Ya Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang terberkati. Dan Engkaulah se-baik-baik yang menempatkan.”(Doa ini diajarkan Allah kepada Nabi Nuh AS)

Perbanyak membaca Al Quran

لَا تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنْ الْبَيْتِ الَّذِي تُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ

Artinya : "Jangan jadikan rumah kalian seperti kuburan, sesungguhnya syetan lari dari rumah yang dibacakan surat al-Baqarah di dalamnya."

Dengan begitu maka perbanyaklah bacaan Al Quran khusunya surat Al Baqarah di rumah baru anda setap harinya agar rumah dipenuhi dengan cahaya kebaikan dan penuh dengan berkah.

Membaca Ratib Al Haddad

Ratib haddad adalah sebuah rangakian doa, dzikir dan wirid dimana didalamnya sudah menckup segala hal yang tersebut diatas, mulai dari doa "A'udzuBikalimaatillaahit Taammaati min Syarri Maa Khalaq", surat al ikhlas, sholawat, ayat kursi dan lain sebagainya. Bisa dibaca sesaat setelah shalat maghrib. Insyaallah rumah akan aman dari berbagai gangguan.

Demikianlah artikel tentang teks bacaan doa menempati rumah baru dalam bahasa arab, latin dan artinya. Baca dan amalkan doa diatas saat anda akan memasuki rumah baru anda dan ketika tinggal didalamnya agar selamat dari segala bahaya, selalu dalam lindungan Allah SWT dan rumah anda penuh dengan kabaikan.