Doa Mengunjungi Orang Sakit Menurut Sunnah Beserta Artinya

Tags

Pada kesempatan ini akan di share tentang bacaan doa menjenguk orang sakit lengkap dalam bahasa arab, latin dan artinya. Doa ini hendaknya dibaca ketika kita sedang menengok kerabat, saudara dan sahabat kita yang sedang sakit. Dengan berdoa kita memohon kepada Allah SWT kesembuhan dan kesehatan kepada mereka yang sedang sakit.

Dalam agama islam sendiri, menjenguk orang sakit adalah salah satu hal yang sangat dianjurkan. Bahkan kita akan mendapatkan kemuliaan dan keutamaan yang besar. Aapalagi jika saat berkunjung, kita tidak lupa mendoakannya. Dengan begitu baik yang menjenguk dan yang dijenguk sama sama mendapatkan manfaat dan kebaikan.

doa mengunjungi orang sakit

Adapun doa yang dibaca sebenarnya terserah anda dan bisa menggunakan doa apa saja. Namun dibawah ini ada beberapa doa yang dianjurkan dan mungkin bisa anda gunakan saat sedang mengunjungi kerabat anda yang sakit. Untuk lebih jelasnya berikut ini teks bacaan doa menjenguk orang sakit menurut sunnah lengkap lafadz arab, tulisan latin dan terjemahan bahasa Indonesianya. Dengan begitu kita juga mengerti apa sebenarnya makna dan isi kandungan dari doa yang kita baca.

Doa Mengunjungi Orang Sakit Bahasa Arab, Latin dan Terjemahannya


Saat kita menjenguk orang sakit pertama tama bisa dengan membaca surat al fatihah, surat al ikhlas, surat al falaq dan surat an nas lalu diusapkan kepada yang sakit. Selanjutnya bisa dengan membaca doa dibawah ini :

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِهُ وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma rabbannaasi adzhibil ba'sa wasy fihu. Wa antassyaafi, laa syifaa'a illa syifaauka syifaa'an laa yughaadiru saqomaa.

Artinya: "Ya Allah, Rabb manusia, hilangkanlah kesusahan dan berilah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain."

Saat anda menjenguk, beramah tamah dan mendoakan saudara, teman dan tetangga anda yang sakit, maka anda akan mendapatkan rahmat dan kasih sayang Allah SWT. Dalam sebuah hadits dikatakan sebagai berikut :

قَالَ: إِذاَ عاَدَ الرَّجُلُ أَخَاهُ الْمُسْلِمَ مَشَى فِي خِرَافَةِ الْجَنَّةِ حَتَّى يَجْلِسَ فَإِذَا جَلَسَ غَمَرَتْهُ الرَّحْمَةُ، فَإِنْ كَانَ غُدْوَةً صَلىَّ عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُمْسِيَ، وَإِنْ كَانَ مَسَاءً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُصْبِحَ 

Artinya : Beliau (Rasulullah SAW) bersabda: "Jika seseorang berkunjung kepada saudaranya yang muslim (yang sedang menderita sakit), maka seakan-akan dia berjalan-jalan di syurga hingga duduk. Apabila sudah duduk, maka dituruni rahmat dengan deras. Apabila dia berkunjung di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendo'akan-nya agar mendapat rahmat hingga sore hari. Apabila dia berkunjung di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendo'akannya agar diberi rahmat hingga pagi hari". (HR. Tirmidzi, HR Ibnu Majah).

Demikianlah teks bacaan doa menjenguk orang sakit sesuai sunnah lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Jangan lupa untuk selalu mendoakan kesembuhan ketika menengok orang yang sakit.


EmoticonEmoticon