Doa Ketika Minum Air Zam-Zam Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Tags

Doa Ketika Minum Air Zam-Zam Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya - Saat meminum air zam zam sendiri kita dianjurkan menjaga adab dan sunnahnya salah satunya adalah dengan membaca doa sebelum meminum air zam zam. Kita boleh berdoa dengan doa apa saja, namun kali ini akan di share salah satu lafadz doa minum air zam-zam yang mungkin bisa anda gunakan.

Doa Ketika Minum Air Zam-Zam Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat meminum air zam zam seperti tidak lupa membaca basmalah "Bismillahirrahmanirrakhim", kemudian dilanjutkan dengan berdoa memohon kepada ALLAH SWT. Kita juga dianjurkan untuk berdiri ketika meminum air zam-zam. Ibnu Abbas bin ‘Abdul Muthollib dalam riwayat Bukhari meriwayatkan sebagai berikut ini :

سقيت رسول الله صلى الله عليه وسلم ‏من زمزم وهو قائم

Artinya : “Aku pernah memberikan minum air zam-zam pada Rasulullah SAW dan beliau meminumnya sambil berdiri.”

Jadi dalam minum air zam zam kita disunnahkan berdiri, mengucap basmalah lalu membaca doa ketika minum air zam-zam, apa saja doa yang anda ingin panjatkan, dan salah seorang Ulama besar Ahli Makrifah di Tarim yaitu Almarhum Almaghfur lah, AL Arif billah Alhabib Abdul Qadir Al Jailaniy Almasyhur mengajarkan doanya sebagai berikut ini

"Yaa Maa’u Yaa Maa’u Zam zam, Uqri’ukassalam"

Artinya : (wahai air zam zam, kuucapkan untukmu salam sejahterah).

Setelah itu kita lanjutkan dengan berdoa sesuai harapan kita. Dan bagaimana doa khusus ketika kita akan minum air zam zam? Langsung saja simak berikut ini salah satu bacaan doa minum air zam-zam lengkap tulisan arab, latin dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Doa Minum Air Zam-Zam


اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أْسْأَلُكَ عِلْمً نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَآءً مِنْ كُلِّ دَآءٍ وَسَقَمٍ بِرَحْمَتِكَ يَآ أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahumma innii as aluka ‘ilman naafi’an wa rizqan waasi’an wasyifaa an min kulli daa in wasaqamin birahmatika yaa arhamarraahimiin.

Artinya : Ya Allah, aku mohon kepadaMu ilmu pengetahuan yang bermanfaat, rizki yang luas dan sembuh dari segala sakit dan penyakit pikun dengan rahmatMu ya Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Kita juga dianjurkan memasang niat yang baik saat meminum air zam zam, jika niat kita baik maka insyaallah air zam-zam yang kita minum membawa manfaat yang besar bagi kita. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad, Al Hakim dan Ad Daruquthniy dari Ibnu ‘Abbas, juga diriwayatkan oleh Ahmad dari Jabir, Rasulullah SAW bersabda :

ماء زمزم لما شرب له

Artinya  :  “Air zam-zam tergantung orang yang meminumnya.” 

Itulah teks bacaan doa ketika minum air zam-zam lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Jangan lupa untuk senantiasa mengamalkan adab, sunnah serta selalu membaca basmalah dan berdoa sebelum meminum air zam zam. Semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat bagi kita semua.