Doa Sapu Jagad Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Tags

Edisi kali ini akan membahas mengenai bacaan doa sapu jagad lengkap dalam tulisan bahasa arab, latin dan artinya. Doa ini dibaca dan diamalkan dengan tujuan memohon kebaikan dan keselamatan dunia akhirat. Doa sapu jagat ini sangat ampuh dan mustajab karena tercantum dalam Al-Quran surat Al Baqarah dan tersebut dalam hadits Nabi Muhammad SAW.

Khasiat dan manfaat membaca doa sapu jagad ini sangatlah besar beberapa diantaranya adalah memohon kebaikan dan kebahagiaan di dunia dan akhirat, mendatangkan jodoh, menyehatkan kondisi tubuh lahir dan batin, menyenangkan hati dan melapangkan mereka yang terkena musibah, dan yang paling penting adalah kenikmatan akhirat serta terhindar dari siksa api neraka.

Padahal doa sapu jagad ini sangat pendek dan ringkas sehingga sangat mudah dihafal namun khasiat dan fadhilahnya benar benar luar biasa bagi yang membacanya. Kami juga yakin banyak dari anda yang sudah hafal doa ini karena memang sering dibaca diberbagai kesempatan. Doa ini menurut para ulama mencakup seluruh permintaan manusia yaitu kebaikan dan kebahagiaan dunia akhirat. Secara umum adalah memohon agar kita beriman kepada Allah SWT selama di dunia dan kelak di akhirat menjadi hamba yang selamat dengan terhindar dari neraka dan masuk kedalam surga.

doa sapu jagad

Dan untuk lebih jelasnya simak berikut ini lafadz bacaan doa sapu jagad lengkap teks arab, latin dan terjemahan bahasa Indonesianya agar memudahkan kita memahami makna dan isi kandungnnya. Doa sapu jagat ini bisa dibaca dan diamalkan kapan saja terutama setelah selesai shalat.

Bacaan Doa Sapu Jagad Tulisan Arab, Latin dan Terjemahannya


رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa aatinaa fiddunyaa hasanah wafilaakhirati hasanatawwaqinaa adzaa ban naar.

Artinya : Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.

Dalam sebuah hadits dikatakan bahwa doa sapu jagad ini termasuk doa yang sering dibaca oleh Nabi Muhammad SAW. Berikut bunyi hadist tersebut :

كَانَ أكثرُ دعاءِ النبيّ – صلى الله عليه وسلم – : (( اللَّهُمَّ آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً ، وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً ، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ )) متفقٌ عَلَيْهِ

Artinya : Doa yang lebih sering diucapkan Rasulullah shallAllahu wa’alaihi wa sallam adalah Allahumma aatina fid dunyaa hasanah, wa fil akhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaban naar (Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari adzab Neraka).” (HR. Bukhari dan Muslim).

Itulah teks bacaan doa sapu jagad lengkap lafadz arab, latin dan artinya. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan ilmu untuk diamalkan setiap harinya.


EmoticonEmoticon