Niat Puasa Arafah dan Tarwiyah Tanggal 8-9 Dzulhijjah Sebelum Idul Adha

Tags

Di kesempatan ini akan di share tentang bacaan niat puasa arafah dan niat puasa tarwiyah tanggal 8-9 dzulhijjah sebelum idul adha lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Hendaknya anda mengetahui dan menghafal lafadz niatnya apabila ingin mengerjakan puasa sunnah pada bulan dzulhijjah khususnya puasa arofah dan tarwiyah.

Puasa arafah adalah puasa yang dikerjakan pada tanggal 9 dzulhijjah, sedangkan puasa tarwiyah dikerjakan pada tanggal 8 dzulhijjah. Kedua puasa tersebut hukumnya sunnah, meski sunnah sangat sayang jika ditinggalkan jika melihat keutamaan dan manfaatnya yang begitu besar.

Niat Puasa Arafah dan Tarwiyah Tanggal 8-9 Dzulhijjah Sebelum Idul Adha

Seperti yang kita ketahui bahwa 10 hari pertama bulan dzulhijjah sebelum hari raya idul adha kita disunnahkan untuk berpuasa. Jadi mulai tanggal 1-9 sunnah bagi kita berpuasa. Puasa sunnah pertama adalah mulai tanggal 1-7, lalu dilanjut puasa tarwiyah tanggal 8 dzulijjah dan terakhir puasa arafah tanggal 9 dzulhijjah. Dalil tentang anjuran berpuasa tersebut bisa dilihat dari hadits Nabi Muahammad SAW berikut ini :

Bahwa Rasulullah SAW biasanya berpuasa 9 hari Dzulhijjah, hari Asyura, 3 hari setiap bulan yaitu Senin pertama dan 2 Kamis terawal. (Riwayat Abu Daud).

Secara umum tata cara puasa arafah dan tarwiyah sama saja dengan puasa-puasa sunnah lainnya. Hanya niat puasa arafah dan niat puasa tarwiyah saja yang berbeda sehingga perlu untuk kita pelajari agar puasa kita baik dan benar.

Dan langsung saja berikut ini teks bacaan niat puasa dzulhijah tanggal 8 dan 9 (puasa arafah dan puasa tarwiyah) lengkap lafadz arab, tulisan latin dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Niat Puasa Tarwiyah 8 Dzulhijjah


نَوَيْتُ صَوْمَ التَّرْوِيَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shaumat tarwiyata sunnatan lillaahi ta’aala

Artinya : "Saya niat puasa sunnah tarwiyah karena Allah Ta'ala"

Lafadz niat puasa tarwiyah diatas digunakan untuk puasa sunnah tanggal 8 dzulhijjah. Untuk niat puasa arafah pada tanggal 9 dzulhijjah. Berikut ini lafadz niatnya.

Niat Puasa Arafah 9 Dzulhijjah

Sebagai catatan bahwa puasa arafah disunnahkan bagi kaum muslimin yang tidak sedang mengerjakan ibadah haji karena waktunya bertepatan dengan waktu wukuf. Jadi ketika jamaah haji sedang wukuf di padang arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah, kaum muslimin yang tidak mengerjakan haji disunnahkan untuk puasa arafah.


نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu Shauma ‘arofata sunnatan lillaahi ta’aala

Artinya : "Saya niat puasa sunnah arafah karena Allah Ta'ala".

Manfaat dan Keutamaan Puasa Dzulhijjah Sebelum Idul Adha (Arafah dan Tarwiyah)


Puasa tarwiyah dan puasa arafah bukan sembarang puasa. Meski hukumnya sunnah, khasiat dan fadhilahnya sangat besar, bahkan dikatakan jika dosa dosa kita akan terhapuskan. Selengkapnya simak dalil hadits dibawah ini yang menjelaskan tentang manfaat dan keutamaan puasa arafah dan tarwiyah :

مَنْ صَامَ يَوْمَ عَرَفَةَ غُفِرَ لَهُ سَنَةٌ أَمَامَهُ وَسَنَةٌ خَلْفَهُ

Barangsiapa berpuasa pada hari Arafah, maka ia diampuni tahun depannya dan tahun belakangnya. (HR. Thabrani)

مَنْ صَامَ يَوْمَ عَرَفَةَ غُفِرَ لَهُ ذَنْبُ سَنَتَيْنِ مُتَتابِعَتَيْنِ

Artinya : Barangsiapa berpuasa pada hari Arafah, maka dosanya diampuni selama dua tahun berurut-turut. (HR. Abu Ya’la)

عَنْ اَبِى قَتَادَةَ اَنَّ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: صَوْمَ يَوْمَ عَرَفَةَ يُكَفِّرُ سَنَتَيْنِ مَاضِيَةً وَمُسْتَقْبِلَةً وَصَوْمُ يَوْمِ عَاشُوْرَاءَ يُكَفِّرُ سَنَةً مَاضِيَةً

Artinya: Dari Abu Qatadah ra. bahwa rasulullah saw bersabda: "Puasa pada hari arafah dapat menghapus dosa selama dua tahun, yaitu tahun yang berlalu dan tahun yang akan datang. dan puasa pada hari Asyura menghapuskan dosa tahun yang lalu." (H.R jamaah kecuali Bukhari dan Tirmidzi)

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

Artinya: Dari Abu Qotadah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:"Puasa Arafah dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyura (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu." (HR. Muslim).

Demikianlah artikel tentang teks bacaan niat puasa arafah dan niat puasa tarwiyah tanggal 8-9 dzulhijjah sebelum idul adha lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga lafadz niat diatas bisa dihafal dan bermanfaat bagi kita semua yang akan berpuasa sunnah di bulan dzulhijjah.